Tips Membuat Desain Web yang Menarik untuk Bisnis Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
web-design-dreambox

Cara Membuat Desain Web yang Menarik

Saat ini, website tentu sudah jadi hal familier bagi berbagai kalangan masyarakat dan menjadi elemen penting untuk mendukung bisnis, khususnya jika bicara tentang digital marketing. Namun, seberapa Anda menyadari bahwa web design atau desain web merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung perkembangan bisnis?

Membuat desain web semenarik mungkin adalah strategi penting jika Anda tidak ingin kalah bersaing dengan bisnis sejenis. Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas tentang desain web, termasuk prinsip, tips membuat, alat dan layanan, hingga rekomendasi layanan terbaiknya.

Pengertian Desain Web

Secara umum, web design adalah proses dalam pembuatan dan pengembangan website, termasuk menambahkan berbagai informasi penting di dalamnya. Selain fokus dengan berbagai nilai estetika atau tampilan, fitur fungsional dari sebuah website juga menjadi perhatian bagi para desainer.

Pada dasarnya, ini juga merupakan proses untuk membuat website yang nyaman bagi pengunjung, baik dalam melihat tampilannya maupun mengetahui informasi yang ada di dalamnya.

Prinsip Desain Web yang Baik

Dalam membuat web design, ada berbagai prinsip yang perlu Anda ketahui dan terapkan, antara lain sebagai berikut.

1. Metaphor

Pertama, ada prinsip metaphor yang berarti Anda perlu menerapkan berbagai prinsip lama untuk menciptakan berbagai hal baru, termasuk prinsip yang baru.

2. Memiliki Tujuan

Kedua, ketika hendak membuat desain dari suatu website, maka Anda perlu menentukan apa tujuannya. Hal ini tentu sangat berkaitan dengan tujuan dari pembuatan website tersebut.

Misalnya, website untuk bisnis yang juga menjadi tempat bertransaksi, perlu didesain dengan berbagai dukungan untuk melakukan transaksi dengan nyaman.

Tanpa adanya tujuan yang jelas, maka Anda bisa jadi kebingungan akan membuat web design yang seperti apa.

3. Konsistensi

Prinsip ketiga yakni konsistensi, di mana sebuah website sebaiknya memiliki tema yang konsisten. Dengan demikian, maka berbagai desainnya dapat disesuaikan dengan tema utama tersebut.

Hal ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk tampilan, tetapi juga untuk isi konten yang ada di dalam website. Pastikan Anda konsisten dalam merancang apa saja informasi yang akan dimasukkan ke dalam website, sehingga pengunjung tidak bingung. Tentunya, konsistensi ini perlu disesuaikan dengan tujuan website.

4. Kerapian

Kerapian adalah prinsip selanjutnya dari web design yang baik. Jadi, perlu dipastikan aspek kerapian ini menjadi perhatian dalam setiap detail desain, misalnya ketika menyusun tata letak.

Prinsip ini menjadi sangat penting supaya bisa memudahkan pengunjung dalam membaca atau mengetahui informasi yang ada di dalam website.

5. Kelengkapan

Selanjutnya, ada kelengkapan yang perlu diperhatikan. Pastikan setiap unsur yang diperlukan sudah dimasukkan dengan baik, sehingga suasana website menjadi hidup dan fungsinya bisa berjalan baik.

6. Kontras

Terakhir, perhatikan kontras dalam mengatur tampilan, sehingga pengunjung dapat melihat atau membaca dengan nyaman.

Tips Membuat Desain Web yang Menarik

Selain penting untuk memahami berbagai prinsipnya, tips di bawah ini dapat membuat Anda lebih matang dalam menyusun web design terbaik.

1. Hindari Warna Bertabrakan

Tips pertama berkaitan dengan prinsip yang terakhir dibahas, yakni tentang kontras. Sebaiknya, Anda pastikan bahwa pilihan tone warna di website sudah nyaman untuk dilihat dan dibaca informasinya. Salah satu langkahnya yakni dengan menghindari penggunaan warna yang bertabrakan.

2. Pastikan Desain Responsif

Web design adalah hal yang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung atau pengguna. Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan yakni tentang responsif atau tidaknya desain tersebut.

Perlu dipahami bahwa saat ini ada berbagai bentuk layar yang bisa digunakan untuk membuka website, mulai dari komputer, laptop, tablet, smartphone, dan sebagainya. Maka dari itu, pastikan bahwa desain web Anda sudah responsif dan nyaman dilihat dari berbagai jenis perangkat dan ukuran layar.

3. Pelajari SEO dan Terapkan Prinsipnya

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu strategi penting jika ingin mendapatkan peringkat tinggi dalam mesin pencarian. Dalam menyusun web design, hal ini juga penting untuk dipelajari dan diterapkan.

Misalnya, bagaimana cara terbaik untuk memakai heading, meletakkan tautan, dan mengoptimalkan gambar atau video di dalamnya.

4. Dukung dengan Gambar atau Video Berkualitas Baik

Tips selanjutnya dalam menyusun desain web yakni dengan memasukkan gambar atau video dengan kualitas yang baik. Hal ini nantinya bisa membuat website semakin hidup dan tampak menarik, sehingga pengunjung tidak bosan.

Alat dan Layanan Desain Web

Setelah memahami tentang prinsip dan tips dalam membuat web design, perhatikan juga berbagai alat dan layanan yang bisa Anda manfaatkan, antara lain:

1. Photoshop

Pertama, ada photoshop yang sudah cukup familier dalam dunia desain. Alat ini banyak dipakai, baik oleh para pemula maupun desainer web profesional.

Anda bisa memanfaatkan banyak fitur di dalamnya, sehingga bisa mendesain website dengan leluasa sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari menyusun tata letak hingga memasukkan gambar yang dibutuhkan, bisa Anda lakukan di sini.

2. Sizzy

Sizzy merupakan alat yang bisa membantu Anda untuk membuat desain web yang responsif untuk berbagai jenis layar. Dengan memanfaatkan alat ini, maka Anda memastikan bahwa website responsif dan membuat nyaman pengunjung, sesuai dengan tips yang sudah dibahas.

3. Launchpad

Tools atau alat ketiga yakni Launchpad, yang bisa membuat Anda melihat tampilan desain web tanpa perlu melakukan atau memasukkan koding. Dengan bantuan dari Launchpad, maka Anda bisa melihat dan menilai apakah desain tersebut sudah cukup baik atau masih ada bagian yang kurang.

4. Task Runner

Selanjutnya, ada Task Runner yang bisa membuat konten berulang untuk situs web yang sedang Anda kerjakan. Dengan adanya alat ini, maka Anda bisa menghemat banyak waktu dan tenaga, terlebih jika website yang dibuat memiliki isi yang cukup banyak.

5. Web Design Service atau Layanan Web Desain

Pada dasarnya, membuat desain web memang tidak bisa dibilang sebagai proses yang mudah. Bagi profesional sekalipun, pembuatan desain ini terus mengalami perkembangan untuk memperbaiki hal-hal yang sebelumnya dianggap kurang.

Maka dari itu, selain berbagai alat di atas, ada pula layanan yang menyediakan pembuatan web desain.

Untuk referensi, sebaiknya Anda simak Alasan Pentingnya Web Design Services. Dengan memakai layanan ini, maka Anda hanya perlu mendiskusikan bagaimana konsep yang diinginkan bersama desainer web. Selanjutnya, menunggu proses pembuatan hingga selesai hasilnya.

Itulah berbagai penjelasan tentang desain web, mulai dari pengertian, prinsip yang perlu dilakukan dalam pembuatan, tips membuat, hingga alat dan layanan yang bisa mendukung Anda dalam melakukan pembuatannya.

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, membuat desain web bukanlah hal yang mudah sehingga web design service dapat menjadi solusi bagi Anda.

Proses pembuatan desain tersebut akan dikerjakan oleh desainer yang berpengalaman, sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal. Layanan ini sangat cocok untuk mendukung perkembangan bisnis Anda, terlebih untuk yang tidak memiliki tenaga atau waktu cukup jika harus mendesain website sendiri.

Salah satu rekomendasi terbaik yakni layanan website dari Dreambox. Layanan terbaik dari Dreambox dapat Anda manfaatkan untuk menciptakan web design terbaik, sehingga fungsi website pun bisa lebih maksimal. Segera hubungi kami untuk berbagai pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan layanan.

More Insights

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms