Tingkatkan taffic dan kenversi website Anda dengan membuat landing page
Belum begitu memahami dengan baik apa itu landing page? Tapi, pernah tertarik melihat halaman website yang muncul di tengah scrolling media sosial?
Biasanya, halaman ini menawarkan suatu produk atau layanan tertentu dengan tambahan diskon, gratis ongkos kirim, dan lainnya.
Ya, itulah landing page! Halaman yang didesain khusus untuk mempertemukan suatu penawaran atau ajakan bertindak dengan pengunjung.
Selain berfungsi untuk meningkatkan konversi, landing page juga bisa digunakan untuk mendorong pengunjung agar mengisi suatu formulir, mendaftar email newsletter, mencoba suatu aplikasi baru, dan lainnya.
Apa Itu Landing Page?
Seperti yang telah sekilas dijelaskan, landing page merujuk pada halaman situs web khusus yang dibuat untuk mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan atau memotivasi mereka untuk melakukan suatu tindakan.
Halaman ini informatif, namun isi kontennya relevan. Artinya, jika suatu brand ingin memperkenalkan produk terbaru mereka, maka konten halaman akan memberikan fakta yang akurat mengenai deskripsi produk dan promo yang ditawarkan saja.
Selain konten yang saling berhubungan, landing page yang efektif memuat suatu ‘panggilan untuk tindakan’ (call-to-action atau CTA). Panggilan ini biasanya berada di akhir halaman dengan warna atau desain yang memikat mata.
Contoh CTA yang kuat dan persuasif bisa seperti “Coba Layanan Kami Selama 30 Hari Tanpa Kartu Kredit!” atau “Dapatkan Konsultasi Gratis dengan Ahli Kami!” atau “Pesan Sekarang dan Dapatkan Diskon 20%!”
Agar suatu brand bisa mencapai tujuan yang diinginkan melalui landing page, mereka harus mendesain tata letak halaman yang menarik tapi tersusun agar mudah dibaca oleh mata.
Landing page juga sering dimanfaatkan oleh digital marketer dalam kampanye iklan online, seperti Google Ads atau Facebook Ads. Landing page melalui Google Ads bisa Anda lihat setelah klik hasil teratas pencarian berbayar suatu kata kunci (paid search).
Apa Saja 4 Tipe Landing Page?
Untuk lebih memahami apa itu landing page, ketahui 4 tipe halaman ini yang dibuat khusus berdasarkan tujuan kampanye pemasaran.
1. Landing Page Rincian Produk (Product Detail)
Halaman ini menyajikan informasi yang detail mengenai suatu produk atau layanan. Dengan fokus pada detail produk, halaman ini dirancang untuk mendorong pengunjung agar segera melakukan pembelian langsung melalui halaman tersebut.
2. Landing Page Generasi Prospek (Lead Generation)
Halaman ini bertujuan untuk mengumpulkan lead atau data pengunjung, seperti nama, nomor telepon, dan alamat email. Data ini bisa dipakai untuk merancang strategi pemasaran berikutnya dan mengembangkan hubungan dengan calon pelanggan.
3. Landing Page Penjelas (Explainer)
Lebih terstruktur, lebih panjang, dan lebih detail merupakan ciri dari explainer landing page. Dibuat seperti itu karena halaman ini bertujuan untuk mengedukasi dan memikat pengunjung melalui penjelasan fitur dan manfaat suatu penawaran.
Selain itu, halaman ini juga bertujuan untuk menghubungkan pengunjung dengan brand produk atau layanan.
4. Landing Page Klik-Terusan (Click-Through)
Apa itu landing page klik-terusan? Tipe ini umumnya menawarkan promosi atau diskon khusus untuk produk atau layanan tertentu. Tujuan utamanya adalah mengajak pengunjung untuk melakukan pembelian secara langsung dan cepat.
4 Manfaat Landing Page untuk Bisnis
Inilah 4 alasan yang menjelaskan mengapa landing page sangat berguna untuk bisnis dalam strategi pemasaran online:
1. Meningkatkan Tingkat Konversi
Semakin banyak pengunjung yang mengakses landing page, semakin besar pula peluang untuk terjadi konversi penjualan.
Mengapa demikian? Karena setiap pengunjung yang mengakses landing page memiliki peluang untuk membeli produk atau menggunakan layanan yang bisnis Anda tawarkan.
2. Meningkatkan Lalu Lintas (Traffic) Website
Dengan memahami apa itu landing page yang efektif, Anda bisa meningkatkan lalu lintas pengunjung ke website.jumlah pengunjung yang bertambah, brand bisnis Anda akan semakin dikenal. Selain itu, hal ini bisa meningkatkan interaksi pengunjung pada website.
3. Mendapatkan Data Calon Pelanggan
Strategi pemasaran sebelumnya kurang berhasil karena kekurangan data? Anda bisa memanfaatkan landing page untuk mengumpulkan data calon pelanggan dan pelanggan sebelumnya.
Data yang biasanya dikumpulkan bisa berupa nama, nomor telepon, alamat email, lokasi, minat pengunjung, akun media sosial, dan riwayat pembelian.
4. Sebagai Media Promosi yang Efektif
Halaman website akan lebih mudah digunakan, dimodifikasi, dan diukur keberhasilannya daripada media iklan konvensional.
Melalui halaman ini, Anda bisa memasukkan informasi relevan apa saja dengan format yang bebas pula. Terlebih lagi, konten pada landing page fokus pada satu penawaran tertentu saja.
6 Tips Sukses Membuat Landing Page
Dengan menerapkan tips-tips dibawah ini, Anda dapat menciptakan sebuah landing page yang efektif dan bisa memaksimalkan potensi konversi.
1. Headline Harus Memikat Perhatian
Judul atau headline pada halaman Anda harus memikat perhatian setiap pengunjung sejak awal. Pilihlah kata-kata yang persuasif tetapi juga memberikan gambaran jelas tentang isi halaman.
2. Deskripsikan Keunggulan dan Fitur Produk atau Layanan
Sampaikan detail keunggulan dan fitur produk atau layanan bisnis Anda dengan jelas. Buat supaya pengunjung halaman bisa dengan mudah memahami nilai tambah yang mereka dapatkan dengan membeli produk atau menggunakan layanan.
3. Tambahkan Gambar atau Video yang Menarik
Visual memiliki daya tarik yang kuat. Jadi, sertakan gambar atau video yang relevan dan menarik. Anda juga bisa mempertegas pesan yang ingin disampaikan.
4. Tampilkan Testimoni Pelanggan
Testimoni para pelanggan sebelumnya merupakan bukti nyata mengenai kepuasan mereka kepada brand bisnis Anda. Tampilkan testimoni mereka agar calon pelanggan Anda bisa menjadi lebih yakin dalam melakukan pembelian.
5. Sertakan Timestamp
Timestamp berguna untuk menciptakan urgensi bagi pengunjung, mendorong mereka untuk segera mengambil tindakan sebelum kesempatan berakhir. Jadi, berikan informasi mengenai batas waktu promo yang Anda tawarkan.
6. Gunakan Tombol CTA
Tombol CTA harus jelas, mudah terlihat, dan aksesibel pada landing page Anda. Tombol ini juga perlu menggugah minat pengunjung untuk mengambil langkah atau melakukan tindakan yang diinginkan.
3 Contoh Landing Page yang Sita Perhatian Pengunjung
Ini 3 contoh halaman yang dapat memberi Anda inspirasi mengenai apa itu landing page yang berhasil mencuri perhatian dengan visual dan pesan yang menggugah.
1. Ruang Guru
Ruang Guru, melalui landing page-nya, menjawab langsung kekhawatiran tentang pilihan dan biaya bimbingan belajar dengan cepat.
Form dapat dikustomisasi untuk memudahkan pengunjung memilih jenjang kelas dan durasi bimbel, lalu ada harga promo dengan timestamp yang jelas.
Anda bisa mencontoh halaman ini jika ingin merancang landing page dengan pembagian space yang imbang, subheadline dengan testimoni yang memperkuat kepercayaan, foto brand ambassador, ilustrasi fitur, dan form yang user-friendly.
2. Tiket.com
Tiket.com memperkuat kehadirannya dengan elemen branding yang khas. Informasi promo diskon ditempatkan di bagian header dengan ilustrasi sederhana dan keterangan akomodasi.
Formulir lengkap tersedia di halaman yang sama, dengan pengalihan ke halaman khusus untuk layanan tertentu. Desain tersebut dapat dijadikan contoh, termasuk penggunaan slider, opsi pencarian lengkap, dan whitespace yang memberikan kesan lapang.
3. Mokapos
Sederhana dan mudah dimengerti. Moka POS menampilkan landing page yang mengutamakan efisiensi waktu pengunjung.
Halaman langsung menjelaskan manfaat aplikasi, memberikan tombol CTA yang mudah diakses, dan memuat video visi dan misi Moka POS.
Poin penting yang dapat diambil dari halaman ini adalah penggunaan latar gambar yang menjelaskan produk, headline yang menarik, tombol CTA yang mengundang, dan opsi tonton video tanpa pengunjung meninggalkan halaman.
Demikianlah penjelasan lengkap mengenai apa itu landing page. Jika Anda tertarik untuk menggunakan landing page sebagai media promosi tapi belum memiliki website, bangun dan kembangkan situs Anda bersama Dreambox.
Dreambox menawarkan layanan website development yang berkualitas dan profesional. Dengan tim ahli yang berpengalaman, Anda dapat mewujudkan website yang menarik, responsif, dan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Konsultasikan kebutuhan Anda sekarang!