Strategi Pemasaran Digital yang Efektif di Tahun 2024

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
pemasaran-digital-dreambox

Bisa dibilang, digital marketing atau pemasaran digital adalah salah satu strategi bisnis modern yang paling efektif saat ini. Sesuai namanya, strategi ini memanfaatkan teknologi dan platform online untuk menjangkau audiens.

Seperti yang Anda ketahui, saat ini manusia hidup di era di mana internet mendominasi setiap aspek kehidupan. Itu sebabnya, digital marketing bukan hanya sekedar tren, melainkan sebuah keharusan bagi setiap bisnis yang ingin bertahan dan berkembang.

Pengertian Pemasaran Digital

Sesuai namanya, digital marketing merupakan sebuah strategi untuk mempromosikan bisnis Anda secara online menggunakan berbagai saluran digital sebagai elemen utamanya. Contohnya seperti SEO, media sosial, konten, email, iklan online, dan banyak lagi.

Untuk informasi lebih lanjut tentang ini, cek Pemasaran Digital Adalah? Berikut Pengertian dan Fungsinya. Namun, sebenarnya mengapa marketing digital itu penting?

Jawabannya sederhana. Karena di era digital saat ini, semakin banyak orang yang mengakses internet dan menghabiskan waktu mereka secara online. Itu sebabnya, menurut data, sektor digital marketing diproyeksikan akan mencapai $786 miliar pada tahun 2026.

Tren Pemasaran Digital Terbaru Tahun 2024

Dari tahun ke tahun, tren di bidang digital marketing selalu berkembang sesuai dengan perubahan teknologi digital dan internet. Berikut ini beberapa tren strategi terbaru di tahun 2024 yang bisa Anda jadikan sebagai referensi:

1. User-Generated Content (UGC)

Tren pertama yang kini semakin mendominasi dunia marketing digital adalah konten yang dibuat oleh pengguna atau UGC.

Fenomena ini terus berkembang seiring dengan meningkatnya kepercayaan konsumen terhadap rekomendasi dari sesama pengguna daripada ulasan yang diberikan oleh merek itu sendiri.

UGC ini dapat berupa gambar, video, ulasan, maupun jenis testimonial lain dari orang yang pernah menggunakan produk/layanan tertentu. Karena itu, UGC dapat memberikan kesan autentisitas yang tinggi, karena berasal dari pengalaman nyata.

2. Personalized Marketing

Salah satu contoh pemasaran berbasis digital lainnya yang semakin populer saat ini adalah personalized marketing, atau pemasaran yang dipersonalisasi.

Kini, bisnis bisa memanfaatkan kemajuan teknologi terbaru untuk memberikan materi pemasaran yang lebih terpersonalisasi, relevan, dan tepat sasaran sesuai target audiens.

Salah satu contohnya yaitu Spotify yang membuat fitur ’taste profile’ bagi para penggunanya untuk memberikan rekomendasi musik seperti ‘Spotify Wrapped’, ‘Discover Weekly’, dan berbagai jenis playlist lain sesuai riwayat musik pengguna.

3. Artificial Intelligence (AI)

Jika dulu dianggap sebagai konsep baru, kini AI atau kecerdasan buatan telah menjadi tren yang digunakan di hampir semua bidang, termasuk marketing.

Selain ChatGPT, kini semakin banyak perusahaan yang menciptakan versi AI dan chatbot mereka sendiri. Dalam dunia pemasaran, AI ini biasa dimanfaatkan untuk meningkatkan efisiensi kerja.

Meskipun AI tidak bisa meniru hasil kerja manusia, namun teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk mempercepat upaya pemasaran. Contohnya membantu analisis data, berinteraksi bersama pelanggan dengan chatbots, hingga membuat konten.

4. Pemasaran Imersif dan Interaktif

Pernah mendengar tentang gamification marketing yang menggunakan konsep pemasaran berbasis permainan? Ini adalah contoh pemasaran yang imersif dan interaktif, dan sangat baik untuk meningkatkan engagement.

Menurut tren saat ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat strategi pemasaran jadi lebih nyata dan interaktif bagi audiens. Berikut beberapa contohnya:

  • Video

Dengan grafis bergerak seperti audio, Anda bisa meningkatkan interaksi sekaligus keterlibatan audiens. Sebagai contoh, bisnis traveling bisa memberikan video tur 3D untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna.

  • Kuis dan Polling

Dengan memberikan kuis dan polling, Anda bisa mendorong lebih banyak interaksi dari audiens. Kuis, polling, dan sejenisnya juga bisa menjadi salah satu cara memperoleh informasi pengguna, misalnya email untuk marketing.

  • Alat Interaktif

Salah satu contoh alat interaktif yaitu kalkulator di website bisnis. Misalnya, jika bisnis Anda bergerak di bidang kesehatan, Anda bisa menyisipkan fitur kalkulator BMI untuk diet, sehingga audiens menjadi lebih tertarik.

Sebagai referensi lanjutan, Anda bisa cek 4 Contoh Digital Marketing Plan Terpopuler berikut ini.

5. Media Sosial sebagai Mesin Pencari

Dengan lebih dari 4,8 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, posisi media sosial telah berevolusi lebih dari sekedar platform untuk berinteraksi.

Sebab, kini semakin banyak pengguna yang menggunakan media sosial untuk mencari informasi, bahkan untuk menemukan produk dan merek baru.

Tren ini menciptakan peluang besar bagi perusahaan untuk meningkatkan visibilitas mereka melalui konten yang sederhana, seperti video pendek maupun iklan yang ditargetkan.

Strategi Pemasaran Digital yang Efektif

Lalu, apa saja jenis-jenis strategi digital marketing yang sudah terbukti efektif, dari dulu hingga sekarang? Berikut ulasannya:

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah teknik untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web Anda di hasil pencarian seperti Google. Hal ini dilakukan melalui upaya riset kata kunci, membangun tautan balik yang berkualitas, dan lain sebagainya.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Banyak yang kurang paham apa bedanya SEO dan SEM. Bedanya, SEM merupakan pendekatan marketing yang memanfaatkan iklan berbayar untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil pencarian, misalnya dengan PPC (pay-per-click).

3. Content Marketing

Selanjutnya ada content marketing, yaitu strategi yang berfokus pada menciptakan dan mendistribusikan konten untuk menarik dan mempertahankan audiens. Konten ini bisa berupa artikel blog, video, infografis, ebook, dan lain-lain, sesuai minat audiens.

4. Social Media Marketing (SMM)

SMM adalah strategi yang menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lain-lain untuk membangun brand awareness, memperoleh trafik web, dan meningkatkan penjualan.

5. Affiliate Marketing

Ini adalah teknik yang semakin populer saat ini. Cara kerjanya adalah dengan membiarkan pihak lain (afiliasi/afiliator) untuk mempromosikan suatu produk/layanan melalui tautan khusus.

6. Email Marketing

Meski media sosial semakin mendominasi, tapi email masih tetap menjadi salah satu bentuk strategi yang efektif. Metode ini dilakukan dengan mengirimkan langsung konten pemasaran yang dipersonalisasi ke email target pelanggan.

Alat dan Teknik Pemasaran Digital

Untuk merancang dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif, Anda perlu memanfaatkan berbagai alat yang tersedia sesuai teknik yang digunakan. Ini dia beberapa contohnya:

1. Platform Media Sosial

Untuk teknik content marketing dan SMM, platform media sosial seperti TikTok, Instagram, Facebook, Twitter/X, dan sejenisnya adalah alat utama. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat manajemen media sosial, seperti Buffer dan Hootsuite.

2. Alat Desain

Dalam strategi pemasaran berbasis konten, desain adalah aspek utama. Contoh alat desain yang populer saat ini yaitu Canva, sebab pengguna bisa membuat desain grafis yang menarik tanpa membutuhkan skill mendalam.

3. Alat Analisis

Di bidang digital marketing, analisis adalah hal penting untuk mengukur dan memahami kinerja kampanye digital Anda. Salah satu alat analisis terbaik yang banyak digunakan marketer yaitu Google Analytics.

4. Alat Content Marketing

Jika ingin menerapkan teknik content marketing, ada beberapa jenis alat yang bisa sangat membantu. Contohnya seperti CoShedule yang bisa membantu merencanakan jadwal konten, dan HubSpot yang bisa mengukur performa konten.

5. Alat Email Marketing

Dalam teknik email marketing, Anda bisa memanfaatkan sejumlah alat seperti MailChimp, Iterable, dan Hunter untuk membuat kampanye email yang lebih tersegmentasi dan efektif.

Dengan mengadopsi strategi dan alat pemasaran digital yang tepat sesuai tren terbaru, bisnis Anda bisa menghadapi tantangan pasar modern secara lebih maksimal. Untuk itu, Dreambox menyediakan layanan Digital Marketing Campaign sebagai solusi. Hubungi kami sekarang!

More Insights

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms