Cara Membuat Artikel yang Menarik dan SEO Friendly

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
cara-membuat-artikel-dreambox

Artikel yang SEO friendly menjadi aspek penting jika Anda ingin meningkatkan visibilitas website. Namun, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara membuat artikel SEO yang optimal dan menarik bagi pembaca?

Artikel kali ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang artikel SEO, termasuk bagaimana cara dan tips menulis, serta tools yang dapat Anda manfaatkan untuk mendukung penulisan.

Pengertian Artikel SEO

Secara sederhana, dapat dijelaskan bahwa artikel SEO adalah jenis artikel yang menerapkan strategi SEO dalam penulisan dan pengembangannya. SEO sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau sebuah proses optimasi yang dilakukan untuk bisa mendapatkan peringkat tinggi dan mudah ditemukan dalam mesin pencari.

Jadi, ada berbagai cara menulis artikel SEO yang bisa Anda lakukan, mulai dari melakukan pemilihan kata kunci hingga memperhatikan struktur artikelnya.

Dengan menerapkan langkah tepat dalam mengoptimalkan penulisan, maka artikel Anda akan muncul di bagian atas halaman pencarian sehingga dapat menambah lalu lintas pengunjung website.

Meski tampak mudah, namun perlu dipahami juga bahwa konsep dan strategi untuk bisa mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencarian dapat berubah seiring dengan perkembangan dan kebutuhan dari mesin tersebut.

Cara Membuat Artikel SEO yang Baik dan Benar

Untuk dapat menuliskan artikel yang menerapkan strategi SEO, di bawah ini adalah cara yang perlu Anda pahami dan aplikasikan.

1. Pilih Topik dan Riset Kata Kunci

Langkah penting dalam cara menulis artikel SEO adalah menentukan topik dan melakukan riset kata kunci. Kata kunci atau keyword adalah hal yang perlu ditentukan sejak awal, supaya arah tulisan Anda menjadi jelas.

Pemilihan kata kunci ini bisa didasarkan dari kebutuhan website Anda, misalnya akan menjual baju, maka carilah kata kunci yang tepat untuk kebutuhan penjualan tersebut. Selain itu, bisa juga didasarkan dari hal-hal yang saat ini sedang populer.

Semakin banyak kata kunci tersebut dicari di internet, maka semakin tinggi peluang artikel Anda dibaca atau ditemukan. Anda bisa memanfaatkan tools untuk membantu menentukan kata kunci yang tepat, misalnya Google Trend, Google Keyword Planner, Semrush, dan sebagainya.

2. Pahami tentang Search Intent

Cara membuat artikel di Google menjadi semakin diminati adalah dengan memahami search intent atau apa yang diinginkan pembaca dalam artikel tersebut. Hal ini bisa diketahui dari kata kunci yang mereka ketik di mesin pencari.

Ada berbagai jenis intensi pembaca yang perlu Anda ketahui, misalnya untuk mencari informasi, sebagai navigasi dalam melakukan sesuai, hingga melakukan berbagai transaksi.

3. Pakai Heading

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting yakni menerapkan sistem heading dalam artikel Anda. Dengan adanya sistem ini untuk judul dan berbagai sub judul, maka pembaca akan lebih mudah untuk memahami isi tulisan. Selain itu, mesin pencari pun dapat lebih mengenal artikel Anda.

4. Pahami dan Perhatikan Struktur Artikel

Cara membuat artikel yang benar adalah dengan memahami dan memperhatikan strukturnya. Secara umum, struktur artikel dibagi menjadi tiga, yakni pembuka, isi dan penutup.

Bagian pembuka atau prolog, berisi tujuan dan latar belakang dari penulisan artikel, atau bisa dibilang struktur untuk membuka dan mengantarkan pembaca pada isi artikel.

Kedua, ada bagian isi yang menjelaskan rincian informasi. Anda bisa membagi bagian ini ke dalam beberapa sub judul dan jangan lupa terapkan sistem heading yang sebelumnya sudah dijelaskan.

Terakhir, ada bagian kesimpulan, penutup, atau epilog. Tujuannya untuk merangkum dan menyimpulkan apa saja yang dibahas sebelumnya. Anda juga bisa menambahkan call to action di akhir artikel, misalnya untuk menggunakan produk Anda.

5. Masukkan dan Tempatkan Kata Kunci secara Optimal

Langkah selanjutnya dalam cara membuat artikel SEO yakni memasukkan dan menempatkan kata kunci secara optimal. Penempatan ini akan berdampak besar terhadap kemudahan mesin pencari untuk menemukan artikel Anda.

Beberapa bagian yang bisa Anda masukkan kata kunci yakni judul, awal paragraf, dan akhir paragraf. Lalu, masukkan juga di berbagai bagian dengan sewajarnya, natural, dan tidak terlalu berdekatan satu dengan lainnya,

Tips Menulis Artikel SEO Friendly

Selain cara membuat artikel yang baik dan benar di atas, ada pula berbagai tips menulis yang bisa Anda terapkan supaya menjadi artikel yang SEO friendly.

1. Pastikan Judul dan Meta Deskripsi Menarik

Judul dan meta deskripsi yang menarik dapat membuat pembaca semakin berminat untuk mengklik artikel Anda. Hal ini dapat meningkatkan arus lalu lintas dan membuat tujuan penulisan artikel lebih mudah tercapai

Lalu, salah satu cara membuat artikel SEO yang baik yakni dengan memasukkan kata kunci di dalam judul.

2. Tambahkan Internal Link

Tips kedua yakni Anda bisa menambahkan internal link atau tautan ke bagian/halaman lain di website Anda. Misalnya, halaman produk, kontak, dan blog.

3. Tambahkan Gambar yang Tepat

Cara membuat artikel di google tampak semakin menarik yakni dengan memasukkan aspek visual di dalamnya. Gunakan gambar yang relevan dengan isi artikel.

Lalu, sebaiknya ukurannya tidak terlalu besar karena bisa membuat proses menjadi lebih lama, namun pastikan tidak juga terlalu kecil.

4. Buat Artikel dengan Panjang yang Wajar

Cara membuat artikel Anda lebih ramah SEO yakni dengan membuat dengan panjang yang sewajarnya. Usahakan untuk tidak membuat artikel yang bertele-tele atau membuat pusing pembaca.

Tools untuk Membantu Menulis Artikel SEO

Kini, Anda sudah mendapatkan berbagai informasi tentang cara dan tips menulis artikel SEO. Perlu dipahami juga bahwa ada berbagai alat atau tools yang bisa dimanfaatkan untuk membantu Anda dalam menuliskan artikel, antara lain sebagai berikut.

1. Wordcounter

Pertama, ada wordcounter yang bisa membantu Anda untuk mengetahui seberapa banyak atau padat kata kunci dalam sebuah artikel. Hal ini tentunya berkaitan dengan cara membuat artikel di Google yang SEO friendly.

Selain itu, Anda juga bisa sekaligus memeriksa ejaan, jumlah kalimat, dan berbagai rincian penting lainnya.

2. Yoast

Kedua, ada Yoast yang dapat dimanfaatkan untuk membantu optimalisasi konten, sehingga peringkat di mesin pencari pun bisa lebih tinggi. Anda dapat terbantu untuk memperhatikan keterbacaan, menentukan kesesuaian deskripsi, dan kepadatan kata kunci.

3. OneLOOK

Ketiga, ada OneLOOK yang bisa membantu Anda untuk meminimalisir pengulangan kata kunci dan menemukan berbagai pilihan alternatif penulisan yang tepat.

Ternyata, cukup banyak hal yang perlu Anda perhatikan terkait cara membuat artikel yang baik dan benar, serta tentunya menerapkan prinsip SEO friendly. 

Berbagai cara dan tips di atas dapat menjadi referensi penting bagi Anda yang merupakan pemilik, pengelola, atau penulis website. Anda juga bisa menyimak artikel Tips Penulisan Konten SEO agar Lebih User Friendly.

Sebenarnya, sudah ada berbagai tools yang bisa dimanfaatkan untuk membantu Anda dalam menulis artikel. Selain itu, Anda juga bisa memakai layanan penulisan artikel supaya hasilnya lebih optimal, informasi dapat tersampaikan dengan baik, dan nyaman untuk dibaca.

Dreambox dapat menjadi solusi tepat bagi Anda yang saat ini sedang mencari layanan penulisan artikel SEO. Para penulis profesional dari Dreambox telah menerapkan berbagai cara membuat artikel yang baik, sehingga Anda dapat mengoptimalkan website. Segera hubungi kontak jika ada pertanyaan atau ingin memesan layanan penulisan terbaik kami.

More Insights

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms