Platform Digital Marketing Terbaik untuk Bisnis Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
platform-digital-dreambox

Di era ini, sistem pemasaran sudah berkembang pesat hingga memasuki berbagai bagian dalam dunia digital. Maka dari itu, platform digital memiliki berbagai peran penting dalam mendukung strategi pemasaran dan operasional bagi bisnis Anda.

Simak penjelasan lebih lanjut tentang hal ini, termasuk apa saja manfaatnya dan bagaimana cara memilih platform yang tepat. Perhatikan juga studi kasus dari platform yang sudah sukses dan bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

Pengertian Platform Digital Marketing

Secara sederhana, dapat dijelaskan bahwa ini merupakan platform yang dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses digital marketing atau pemasaran digital. Jadi, pada dasarnya ini merupakan semua platform di internet yang bisa Anda pakai dalam pemasaran.

Perlu Anda pahami bahwa saat ini dunia pemasaran sudah memasuki berbagai ranah digital, karena internet telah memberikan berbagai fasilitas untuk hal tersebut. Misalnya saja, dengan memanfaatkan media sosial, Anda bisa membuat akun brand dan mempromosikan berbagai produk di dalamnya.

Manfaat Platform Digital Marketing untuk Bisnis

Berbagai platform untuk digital marketing diminati banyak orang tentu bukan tanpa alasan. Ada berbagai manfaat dari platform tersebut yang bisa membuat bisnis atau brand Anda lebih berkembang, antara lain sebagai berikut.

1. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Pada dasarnya, berbagai strategi pemasaran memang bertujuan untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Namun, tidak semua strategi marketing konvensional masih optimal untuk era yang serba digital ini, karena kebiasan berbagai kalangan masyarakat pun sudah berubah.

Maka dari itu, platform digital hadir untuk menjadi salah satu alternatif pemasaran modern yang bisa Anda terapkan.

Tanpa perlu keluar rumah, hanya dengan membuka smartphone, banyak orang yang kini memakai media sosial dan platform lainnya. Hal ini membuat potensi pemasaran di sana juga meluas. Maka dari itu, salah satu manfaat dari menerapkan platform ini yakni dapat menjangkau berbagai kalangan tersebut.

Tidak hanya di kawasan sekitar bisnis Anda, platform ini juga bisa menjangkau orang-orang di berbagai daerah, sehingga pemasaran Anda bisa meluas ke seluruh pelosok negeri bahkan luar negeri.

2. Mudah Beradaptasi

Dengan memanfaatkan platform digital untuk marketing, maka Anda akan lebih mudah untuk melakukan berbagai adaptasi dalam menjual produk.

Anda bisa mengoptimalkan macam-macam fitur yang tersedia di setiap platform. Misalnya, jika bicara tentang media sosial instagram, Anda bisa memanfaatkan pembuatan story, mengunggah gambar produk yang menarik melalui feed, hingga membuat berbagai video pendek untuk memasarkan produk.

Dengan strategi ini, Anda pun mudah beradaptasi dengan tren yang berkembang, khususnya di kalangan target pasar Anda.

Misalnya, jika saat ini sedang banyak yang menyukai meme menghibur, Anda bisa terapkan hal tersebut di konten marketing, sehingga semakin banyak orang yang tertarik dengan produk Anda.

3. Dapat Membuat Loyalitas Konsumen Meningkat

Manfaat selanjutnya yakni dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Anda bisa menciptakan kedekatan dan emosi yang positif dengan para pengunjung dan konsumen, sehingga mereka pun bisa lebih loyal untuk memakai produk Anda.

Ada berbagai langkah yang bisa dilakukan, misalnya memperbanyak interaksi dan membuat unggahan yang dapat membuat Anda lebih dekat dengan konsumen.

4. Sarana Branding

Selain penting untuk memasarkan atau menjual produk, platform ini juga sangat bisa dimanfaatkan sebagai sarana branding. Anda bisa membangun brand/merek dari produk yang Anda buat atau jual, atau membuat branding untuk toko Anda.

Buatlah strategi branding yang tepat untuk membuat bisnis Anda lebih menonjol dengan pesaing di sekitarnya. Misalnya, dengan menonjolkan logo yang menarik, menampilkan tone warna tertentu untuk setiap  unggahan, hingga membuat video pendek yang khas.

5. Memudahkan Pengumpulan Data untuk Bahan Evaluasi

Adanya platform digital juga dapat memudahkan Anda dalam mengumpulkan berbagai data yang diperlukan.

Misalnya, jumlah kunjungan dalam periode tertentu, bagaimana respon pengunjung, jenis unggahan apa yang populer, produk apa yang mendapat banyak respon positif, jumlah pembelian dan waktu paling ramai produk tersebut dibeli, hingga mendapat data testimoni konsumen.

Pencarian berbagai data tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Selanjutnya, data ini dapat menjadi bahan evaluasi supaya hal-hal yang kurang dapat diperbaiki untuk ke depannya.

Tips Memilih Platform Digital Marketing yang Tepat

Setelah menyimak berbagai manfaat di atas, apakah ini Anda semakin tertarik untuk mengoptimalkan marketing dengan berbagai platform? Jika iya, maka perhatikan berbagai tips untuk memilih platform yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

1. Pahami Kebutuhan Pemasaran

Pertama, pahami tentang kebutuhan pemasaran Anda. Misalnya, seberapa banyak produk yang hendak dijual dalam kurun waktu tertentu. Selanjutnya, pilihlah media yang tepat untuk mendukung target tersebut.

2. Pahami Target Audiens

Kedua, Anda sebaiknya memilih platform digital yang sesuai dengan target audiens atau target pasar. Misalnya, jika akan menargetkan anak muda, Anda bisa mengoptimalkan penggunaan instagram atau tiktok.

3. Kenali Fiturnya

Setiap platform mempunyai ciri khas dan fiturnya masing-masing, sehingga sebaiknya hal ini Anda pahami supaya bisa memilihnya dengan tepat.

Sebagai referensi, Anda bisa menyimak tentang Beberapa Platform Digital yang Dapat Anda Gunakan untuk Kegiatan Digital Marketing.

4. Pertimbangkan Fasilitas Promosi

Berbagai platform menyediakan fasilitas promosi untuk membuat jangkauan dari konten Anda menjadi lebih luas. Anda bisa menjadikan fasilitas yang disediakan oleh setiap platform sebagai bahan pertimbangan.

5. Bisa Memakai Berbagai Platform Sekaligus

Ketika akan memilih platform, maka hal yang perlu diketahui yakni Anda tidak harus memilih salah satu, tetapi bisa memakai berbagai platform sekaligus. Maka dari itu, sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu berbagai jenis platform, untuk memilih salah satu atau beberapa platform yang hendak digunakan.

Studi Kasus Platform Digital Marketing yang Sukses

Sebenarnya, ada sangat banyak platform di internet yang bisa Anda manfaatkan untuk mendukung pemasaran produk.

Namun, belum tentu semua akan cocok dengan kebutuhan Anda, sehingga tips yang dibahas sebelum ini bisa jadi pertimbangan. Untuk menambah referensi, di bawah ini ada beberapa platform yang sukses dan diminati banyak perusahaan, brand, dan pebisnis lainnya.

1. Media Sosial: Tiktok

Salah satu jenis platform media sosial yang sangat populer digunakan untuk digital marketing yakni Tiktok. Dengan berbagai fasilitas yang diberikan oleh aplikasi media sosial ini, Anda dapat mempromosikan hingga menjual produk dengan cara yang sangat mudah.

Anda bahkan bisa melakukan penjualan ketika siaran langsung, sehingga dapat terjadi interaksi antara penjual dan pembeli, serta disaksikan para penonton lainnya.

2. Website

Selain media sosial, salah satunya Tiktok, website merupakan platform yang sudah lama digunakan dalam digital marketing dan hingga kini popularitasnya masih cukup tinggi.

Kemudahan dalam memuat berbagai fasilitas yang bisa dirancang di dalam desain website membuat banyak pebisnis mendapatkan kemudahan dalam melakukan berbagai proses pemasaran.

Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, maka tentunya kini Anda semakin paham betapa pentingnya digital platform untuk membuat bisnis lebih berkembang dan mendatangkan keuntungan lebih maksimal.

Namun, tentu saja ada berbagai pertimbangan yang perlu diperhatikan ketika memilih platform yang tepat. Anda bisa memilih layanan digital marketing dari Dreambox untuk mendapatkan berbagai keuntungan.

Tim profesional dari Dreambox dapat membantu Anda dalam menjalankan berbagai langkah marketing digital untuk bisnis Anda. Segera hubungi kami dan pastikan Anda memanfaatkan platform digital secara maksimal.

More Insights

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms