Pemasaran digital adalah objek yang tak asing bagi para penekun dunia bisnis.
Memang, sejak perkembangan teknologi komunikasi pemasaran dengan platform digital juga semakin menunjukkan taringnya. Namun kendati demikian, nyatanya sampai saat ini masih banyak penekun bisnis yang merasa sungkan untuk terjun ke pemasaran digital. Alasannya adalah karena masih belum benar-benar mengetahui secara detail, mengenai seluk-beluknya.
Baca Juga: Tips Menyusun Perencanaan Strategi Branding Perusahaan
Tapi tidak perlu khawatir, artikel ini akan membahas mengenai pengertian dan fungsi pemasaran digital dengan lengkap.
Mengenal Pemasaran Digital: Pengertian dan Fungsinya
Pemasaran digital adalah salah satu solusi terbaik yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk meluaskan lingkaran bisnisnya. Apa yang disebut dengan pemasaran digital, dan apa saja fungsinya bagi perusahaan? Berikut ulasannya.
1. Pengertian Pemasaran Digital
Sering disebut dan diucapkan, sebenarnya apa pengertian dari sebuah pemasaran digital?
Pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran sebuah produk atau jasa, melalui bantuan teknologi digital. Saat ini, pemasaran digital sudah mulai berkembang, dengan menyatukan platform dan teknologi digital dengan jaringan internet.
Sehingga pemasaran yang sebelumnya hanya terbatas pada jendela televisi, saat ini sudah menanjak menuju industri 4.0. industri yang memanfaatkan peran internet dalam setiap pelaksanaannya.
Pemasaran digital adalah adalah strategi yang memiliki konsep pemaksimalan jaringan digital sebagai komoditas utamanya. Karena itu tidak mengherankan jika saat ini pengiklanan digital dilakukan melalui semua kanal sosial media, ditambah dengan platform situs resmi, juga dengan bantuan mesin pencari.
Seluruh kegiatan ini memiliki tujuan yang sama, yaitu mendapatkan hasil yang maksimal, namun dengan kemungkinan menekan pembiayaan operasional menjadi seefektif mungkin.
2. Fungsi Pemasaran Digital
Terdapat beberapa fungsi dasar dari sebuah pemasaran digital, yaitu:
a. Personalisasi Konsumen
Perbedaan pemasaran digital dengan konvensional adalah kemampuan untuk melakukan personalisasi pada konsumen. Integrasi digital memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan dan mencatat berbagai data penting terkait konsumen.
Berdasarkan ini, perusahaan kemudian mampu membentuk layanan yang sifatnya lebih personal atau lebih intim. Imbalannya adalah penciptaan hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, sehingga memunculkan kesetiaan pada produk dan jasa.
b. Pelayanan Konsumen
Fungsi ini merupakan salah satu yang paling dirasakan oleh konsumen. Kemampuan perusahaan untuk menyediakan layanan selama 24 jam tanpa henti adalah hal yang membantu meningkatkan kepercayaan dan kepemilikan konsumen terhadap sebuah produk ataupun jasa. Tanpa adanya pemasaran digital, pelayanan konsumen yang prima akan sulit untuk didapatkan.
c. Privasi Konsumen
Penjagaan data-data penting yang diserahkan konsumen kepada pihak perusahaan adalah sebuah keharusan. Perusahaan memiliki tanggung jawab penuh, untuk menjaga semua rahasia konsumen, dan pantang untuk digunakan tanpa persetujuan tertulis.
Inilah yang kemudian diwujudkan dalam pemasaran digital. Semua layanan yang diakses oleh konsumen disertai dengan himbauan privasi data, dalam rangka meminta atensi konsumen.
d. Promosi
Fungsi ini merupakan salah satu yang paling terkenal dari pemasaran digital. Rasanya promosi dengan menggunakan bantuan gadget dan sarana internet ini tidak memiliki cela. Sebab dapat membantu perusahaan dalam memaksimalkan jangkauan promosi, dengan menyasar konsumen dengan klasifikasi yang tepat.
Itulah pembahasan mengenai pengertian dan fungsi pemasaran digital. Bagi Anda yang menyiapkan diri untuk terjun ke ranah ini, harus siap untuk belajar terus. Sebab pemasaran digital adalah strategi yang memiliki alur perubahan yang dinamis. Hal ini akan memaksa Anda untuk terus memperbaharui pengetahuan dan kemampuan Anda, agar bisa memunculkan perencanaan bisnis yang tepat.
Baca Juga: Alasan Mengapa Branding Bisnis Sangat Diperlukan
Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.