Optimasi Carousel Instagram: Contoh, Ukuran, dan Panduan Praktis

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
carousel-instagram-dreambox

Carousel Instagram merupakan salah satu jenis postingan yang bisa Anda gunakan dalam menerapkan strategi pemasaran. Postingan ini dapat membantu meningkatkan interaksi dan pemahaman terkait bisnis Anda pada audiens. 

Sebenarnya, Instagram memiliki banyak fitur yang dapat dimanfaatkan untuk pemasaran bisnis. Mulai dari story Instagram, Reels, iklan berbayar, dan masih banyak lagi. Namun, kali ini mari kenali carousel terlebih dahulu.

Pengertian Carousel Instagram

Carousel pada Instagram merupakan jenis postingan yang menampilkan beberapa gambar sekaligus dengan sistem slide. Biasanya, postingan ini terdiri dari 10 foto atau video yang dapat digeser oleh pengikut. Adapun ukuran carousel instagram yaitu:

  • Portrait: 1080 x 1350 pixels
  • Landscape: 1080 x 566 pixels 
  • Square: 1080 x 1080 pixels
  • Rasio: (1.9.11) landscape, (1:1) square, (4:5) vertical)

Saat ini, penggunaan carousel menjadi cukup populer di Instagram. Banyak orang yang menggunakan cara ini untuk membuat audiens bertahan lebih lama dengan konten dan berinteraksi dengan konten tersebut.

Di Instagram sendiri, carousel berbentuk seperti slideshow yang dapat digeser secara horizontal. Dengan isi konten yang menarik, carousel dapat menjadi media yang tepat untuk meningkatkan interaksi bersama audiens pada akun bisnis. 

Manfaat Penggunaan Carousel Instagram

Mengetahui apa itu carousel Instagram, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari fitur ini. Adapun manfaatnya yaitu sebagai berikut:

1. Meningkatkan Engagement Audiens

Carousel memungkinkan pengguna untuk berinteraksi lebih lama dengan konten yang diunggah. Setiap slide yang dilakukan untuk melihat konten berikutnya merupakan bentuk interaksi tambahan, yang dapat meningkatkan engagement pada postingan. 

Menurut berbagai studi, postingan carousel cenderung mendapatkan lebih banyak likes dan komentar dibandingkan dengan postingan satu gambar. Dengan memanfaatkan carousel, Anda bisa mengundang audiens untuk berinteraksi dengan konten, baik itu melalui gambar menarik, video informatif, atau kombinasi keduanya.

2. Mempertahankan Audiens Lebih Lama di Postingan

Dalam dunia pemasaran digital, durasi perhatian audiens sangatlah berharga. Carousel memungkinkan Anda mempertahankan audiens lebih lama di postingan. Dengan menyediakan beberapa gambar atau video yang menarik, Anda membuat audiens merasa ingin terus menggeser untuk melihat apa yang ada di slide berikutnya. 

Durasi interaksi yang lebih panjang ini tidak hanya meningkatkan peluang untuk menyampaikan pesan Anda secara lengkap. Namun, juga meningkatkan kemungkinan audiens untuk melakukan tindakan lebih lanjut, seperti mengunjungi situs web Anda atau membeli produk.

3. Storytelling Brand atau Bisnis 

Storytelling adalah elemen kunci dalam pemasaran modern. Carousel Instagram memungkinkan Anda untuk menceritakan kisah brand atau bisnis dengan cara yang lebih menarik. 

Misalnya, Anda bisa menggunakan setiap slide untuk menceritakan perjalanan brand, dari awal berdiri hingga pencapaian saat ini. Anda juga bisa berbagi tentang tips atau tutorial yang bermanfaat bagi audiens.

4. Menunjukkan Review dari Konsumen

Review dan testimoni dari konsumen adalah salah satu cara paling efektif untuk membangun kepercayaan terhadap suatu produk atau layanan. Dengan carousel, Anda dapat menampilkan beberapa review konsumen dalam satu postingan. 

Biasanya, kehadiran ulasan ini dapat menciptakan kredibilitas yang lebih kuat di mata audiens. Tidak jarang dari mereka yang ikut tergiur untuk mencoba langsung layanan atau produk yang ditawarkan. 

5. Menunjukkan Portofolio

Bagi bisnis yang bergerak di bidang kreatif seperti fotografi, desain grafis, arsitektur, atau makeup artist, menampilkan portofolio adalah cara terbaik untuk menarik klien potensial. Carousel Instagram dapat menjadi media yang ideal untuk tujuan tersebut. 

Anda bisa menampilkan sederet karya terbaik dalam satu postingan. Hal ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kemampuan yang Anda miliki. Dengan demikian, calon klien dapat melihat berbagai contoh karya Anda tanpa harus meninggalkan halaman profil Instagram.

Pemilihan Konten yang Tepat

Dalam membuat carousel, Anda juga perlu memperhatikan jenis konten yang akan diunggah. Berikut adalah beberapa jenis konten carousel yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan bisnis:

1. Tutorial

Jenis konten yang satu ini sangat cocok ditampilkan dalam bentuk carousel. Pasalnya, carousel dapat menampilkan hingga 10 konten dalam satu postingan. Jadi, informasi tutorial yang disampaikan bisa lebih jelas. Anda bisa menyampaikan cara atau tahapan dalam melakukan sesuatu dengan cara yang lebih menarik.

2. Storytelling

Konten storytelling akan berisi sebuah cerita khusus, baik tentang personal ataupun tentang bran. Anda bisa menggunakan tipe konten ini untuk menceritakan bagaimana perjalanan mencapai suatu prestasi dalam slide yang menarik. 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan carousel untuk menceritakan sejarah brand, mulai dari pemilihan nama, asal-usul bisnis, dan sebagainya. Tipe konten inspiratif seperti ini biasanya cukup banyak diminati.

3. Behind the Scenes

Jenis konten berikutnya yang dapat Anda gunakan yaitu konten behind the scenes. Anda bisa menyampaikan keunikan yang terjadi di balik layar, bisa berupa proses syuting, sesi pemotretan, rapat, dan sebagainya. Konten seperti ini ternyata cukup menarik bagi audiens dan membuat mereka merasa lebih dekat.

4. Before After

Dalam tipe konten ini, Anda bisa menampilkan foto atau video “before” pada slide pertama. Lalu, menampilkan konten “after” di slide berikutnya. Agar tampak lebih menarik, cobalah untuk menambahkan caption yang kreatif.

Penggunaan Konten Multimedia yang Menarik

Untuk memastikan konten carousel Instagram efektif dan menarik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan konten carousel bagi bisnis:

1. Gunakan Gambar atau Video berkualitas Tinggi

Kualitas visual adalah kunci utama dalam menarik perhatian pengguna Instagram. Pastikan setiap gambar atau video yang Anda unggah memiliki resolusi tinggi dan jelas. Hindari menggunakan gambar yang buram atau video yang kurang jelas, karena dapat mengurangi daya tarik konten di mata audiens.

2. Gunakan Cover Terbaik

Cover carousel merupakan bagian pertama yang akan dilihat oleh pengguna. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih cover yang paling menarik dan mampu memikat perhatian pada pandangan pertama. Cover yang menarik akan meningkatkan kemungkinan pengguna untuk menggulir dan melihat slide berikutnya pada carousel. 

3. Pastikan Slide Berkesinambungan

Setiap slide pada konten carousel harus tampak mengalir dan saling berkesinambungan. Anda bisa menciptakan alur cerita atau menggunakan tema yang relevan untuk memastikan setiap slide saling terhubung. 

4. Hindari Informasi yang Terlalu Padat

Memang penting menyampaikan pesan secara jelas dan informatif. Namun, sebaiknya hindari menyajikan informasi yang terlalu padat. Berikan ruang yang cukup untuk elemen visual dan teks agar konten terlihat rapi dan mudah dibaca. Gunakan kalimat yang ringkas dan padat, serta pastikan setiap slide fokus pada satu poin utama.

Pengaturan dan Penggunaan CTA (Call-to-Action)

Cara buat carousel instagram yang menarik saja tidak cukup, Anda juga harus membumbuinya dengan CTA yang menarik. Gunakan kemampuan skill copywriting yang dimiliki untuk membuat sebuah caption yang mampu mengundang interaksi audiens. Anda bisa menggunakan beberapa kata “magic” untuk menghipnotis audiens dengan kata-kata.

Studi Kasus Sukses

Tipe konten carousel sudah banyak digunakan oleh banyak brand. Adapun beberapa contoh carousel Instagram dapat Anda temukan pada beberapa brand berikut:

1. Shopee

Salah satu brand besar yang sering menggunakan carousel yaitu Shopee. Biasanya tipe konten ini digunakan untuk menginformasikan promo pada event tertentu. Misalnya, event 11.11, hari raya nasional, dan sebagainya.

2. Wardah

Wardah sering menggunakan konten carousel untuk menampilkan informasi produknya secara detail. Biasanya, mereka akan mengkombinasikan video dan foto yang menarik dalam satu postingan carousel. Cara ini cukup efektif untuk menarik minat audiens terhadap produk tersebut.

Dari informasi di atas dapat diketahui bahwa carousel Instagram memiliki peran yang penting dalam membangun bisnis. Ketahui juga tips membuat carousel yang lebih menarik untuk bisnis

Perlu bantuan membuat konten Instagram yang menarik? Anda bisa menggunakan layanan Digital Marketing Campaign dari Dreambox. Hubungi kami sekarang dan sampaikan goals bisnis Anda!

More Insights

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms