Ini Cara Hashtag Instagram agar Banyak Like dan Followers

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
Hashtag-Instagram

Hashtag adalah salah satu komponen penting di Instagram yang dimulai dengan menuliskan simbol #. Salah satu fungsi pentingnya yakni meningkatkan like dan followers. Namun, bagaimana strategi hashtag Instagram agar banyak like dan followers?

Mari ikuti penjelasan selengkapnya dalam artikel ini, temukan cara memilih hashtag yang tepat. Lalu, ketahui berbagai generative AI tools supaya memudahkan Anda menambahkan hashtag. Berbagai rekomendasi hashtag populer tahun 2024 juga akan disediakan untuk Anda.

Pengertian Hashtag di Instagram

Pengertian-Hashtag-di-Instagram-Dreambox

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara menentukan hashtag yang tepat, mari membahas tentang pengertian dan fungsi hashtag terlebih dahulu.

Hashtag atau tagar di Instagram adalah satu atau beberapa kata, frasa, atau angka yang dimulai dengan simbol tagar (#).  Jadi, Anda bisa menuliskan satu atau beberapa kata, serta bisa memakai angka atau menambahkan angka setelah kata/frasa.

Selain angka, Anda juga bisa menambahkan emoji di dalam hashtag. Hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan konten Anda.

Dengan menggunakan hashtag, maka Anda bisa memberikan kategori untuk konten Anda, sehingga lebih mudah untuk dicari dan terlihat di Instagram. Berikut adalah berbagai fungsi dari hashtag Instagram:

1. Meningkatkan Jangkauan dan Penemuan

Pertama, Anda bisa memperluas jangkauan dari konten Anda sehingga mudah untuk ditemukan. Jika seseorang membuka salah satu hashtag yang Anda cantumkan, maka konten Anda pun akan muncul di sana.

Maka, ada berbagai strategi untuk memilih hashtag Instagram agar banyak like dan followers, misalnya dengan menggunakan hashtag populer yang relevan dengan unggahan.

2. Memancing Munculnya Interaksi dengan Audiens

Adanya hashtag dapat memancing berbagai interaksi dari audiens, terlebih jika Anda memilih hashtag yang tepat dan sesuai dengan yang mereka cari.

3. Melakukan Analisis Pesaing

Menariknya, Anda juga bisa melakukan analisis pesaing dengan melihat hashtag yang mereka pakai. Selain itu, dengan mengklik hashtag tertentu, Anda bisa melihat siapa saja pihak yang menjadi pesaing Anda.

4. Riset Konten

Selain mengamati pesaing, Anda juga bisa melakukan riset konten. Misalnya, ketika akan membuat konten yang berbagai traveling, maka Anda bisa mengetik hashtag yang terkait.

5. Tautan untuk Kampanye Digital

Berbagai kampanye dan pemasaran digital juga bisa memanfaatkan adanya hashtag Instagram.

Dengan menggunakan hashtag di Instagram, Anda dapat meningkatkan visibilitas konten, memicu interaksi audiens, serta melakukan riset dan analisis pesaing. Menggunakan hashtag secara strategis akan membantu Anda memaksimalkan dampak dan jangkauan dari setiap unggahan.

Pelajari Fungsi Hashtag dan Cara Penggunaannya untuk meningkatkan jangkauan dan visibilitas konten Anda.

Cara Memilih Hashtag yang Tepat

Cara-Memilih-Hashtag-yang-Tepat-Dreambox

Terdapat berbagai langkah atau cara memilih hashtag Instagram agar banyak like dan followers. Meski membutuhkan waktu, namun hal ini penting untuk dilakukan supaya fungsi hashtag bisa berjalan secara optimal. Berikut adalah berbagai cara memilih hashtag yang tepat.

1. Perhatikan Pesaing

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu fungsi hashtag yakni untuk melakukan analisis pesaing. Hal ini juga sangat penting dilakukan ketika memilih hashtag, supaya Anda bisa tahu hashtag apa saja yang mereka pakai.

Bisa saja, Ada hashtag yang tidak pernah Anda pakai atau tidak terpikirkan, namun relevan dengan konten Anda dan dapat menjadi rekomendasi.

2. Pertimbangkan Karakter Audiens

Langkah kedua yakni dengan mempertimbangkan karakter audiens. Pada dasarnya, semua akan kembali pada tujuan dari unggahan konten Anda.

Apa tujuan konten Instagram Anda? Siapa saja yang Anda targetkan untuk konten tersebut? Apakah kalangan anak muda secara umum, atau kalangan tertentu dengan karakter yang khas, atau yang lainnya?

Dengan memahami karakter audiens, maka Anda bisa memilih hashtag yang tepat untuk mereka. Jika Anda menargetkan kaum muda, maka mungkin saja bahasa yang terlalu lawas tidak cocok untuk mereka, begitu pula sebaliknya.

Lokasi, jenis kelamin, rentang usia, dan berbagai aspek demografis lainnya juga dapat dipertimbangkan dalam hal ini.

3. Masukkan Lokasi

Jika Anda merupakan pebisnis lokal atau yang menargetkan pasar lokal tertentu, maka poin ini sangatlah penting. Anda bisa memasukkan lokasi ke dalam kata atau frasa yang dipakai dalam hashtag Instagram agar banyak like dan followers yang sesuai dengan target pasar.

Anda juga dapat memudahkan orang-orang untuk menemukan bisnis Anda dan membeli produk sesuai dengan lokasi yang mereka inginkan.

Anda juga bisa menjadikan konten tersebut masuk ke dalam rekomendasi pengguna. Misalnya, jika hashtag #tokobunga masih terlalu luas, maka Anda bisa menambahkan kata lokasi, misalnya menjadi #tokobungajakarta atau #tokobungajakartabarat.

Jika semakin banyak pengguna yang aktif berinteraksi dengan profil dan unggahan Anda, maka algoritma akun Instagram Anda pun akan meningkat dan menjadi lebih baik.

Selain untuk bisnis, Anda juga bisa menambahkan lokasi ini ke berbagai jenis unggahan. Misalnya, unggahan ketika Anda berlibur ke lokasi tertentu.

4. Buat Hashtag yang Unik Milik Anda

Jika ingin menggunakan hashtag yang tidak biasa dan menjadi ciri khas Anda, maka hal tersebut tidak masalah. Anda bisa membuat hashtag yang unik, atau sesuai dengan konten khas yang akan Anda buat.

Misalnya, Anda bisa membuat hashtag yang berkaitan dengan merek atau brand, acara yang akan diselenggarakan, hingga berbagai kata-kata unik lainnya.

Supaya lebih mudah untuk dicari, tambahkan hashtag tersebut di dalam bio. Lalu, gunakan hashtag ke dalam caption konten-konten terkait, baik dari akun Anda maupun dalam konten di akun lain yang berhubungan dengan hashtag tersebut.

5. Pastikan Tidak Memakai Hashtag yang Dilarang

Untuk memilih hashtag Instagram agar banyak like dan followers, perlu diperhatikan bahwa ada berbagai hashtag yang dilarang. Anda tidak boleh memakai hashtag terkait dengan hal-hal yang dilarang oleh Instagram. Misalnya, hashtag yang mendorong audiens untuk melakukan tindakan berbahaya.

Bagaimana cara meningkatkan efektivitas penggunaan hashtag di Instagram? Temukan jawabannya dalam artikel mengenai Tips Memanfaatkan Algoritma untuk Penggunaan Hashtag.

Tools AI untuk Generate Hashtag Populer

Tools-AI-untuk-Generate-Hashtag-Populer-Dreambox

Untuk bisa memilih hashtag Instagram agar banyak like dan followers, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai generative AI tools, antara lain sebagai berikut:

1. Jasper Chat

Pertama, ada Jasper Chat yang dirancang untuk membantu Anda menemukan hashtag yang tepat dengan cepat, bahkan dalam hitungan detik. Caranya mudah, Anda hanya perlu memberikan informasi tentang unggahan konten, lalu mereka akan mencarikan berbagai rekomendasi hashtag yang sesuai.

2. Shopify

Ini adalah tools dengan lebih dari 400 daftar ide hashtag yang bisa mendukung unggahan Anda. Dengan memakai Shopify, maka Anda akan terbantu untuk memperluas jangkauan, memperbanyak keterlibatan audiens, dan meningkatkan algoritma.

3. Ahrefs

AI generator hashtag Instagram yang gratis ini dapat memudahkan Anda dalam memilih jenis hashtag yang tepat. Cukup masukkan gambar dan deskripsinya, lalu rekomendasi hashtag pun akan diberikan.

Rekomendasi Hashtag di Tahun 2024

Untuk berbagai unggahan Anda, di bawah ini adalah hashtag populer di Instagram yang bisa menjadi rekomendasi di tahun 2024 dan disesuaikan dengan konten Anda:

  1. #love
  2. #instafood
  3. #art
  4. #Instagram
  5. #happy
  6. #photography
  7. #photooftheday
  8. #summer
  9. #instadaily
  10. #family
  11. #model
  12. #handmade
  13. #instamood
  14. #marketing
  15. #digitalmarketing
  16. #fashion
  17. #beauty
  18. #fashionista
  19. #fitnessmotivation
  20. #foodlover
  21. #innovation
  22. #travel
  23. #nature
  24. #adventure

Itulah berbagai penjelasan tentang apa itu hashtag, bagaimana cara menentukan hashtag yang tepat, rekomendasi AI generator yang dapat membantu memilih hashtag, serta rekomendasi hashtag populer tahun ini.

Pada dasarnya, hashtag memang merupakan salah satu poin penting untuk memperluas jangkauan unggahan Anda, termasuk meningkatkan like dan followers. Sekilas memang terlihat mudah, tetapi dibutuhkan strategi yang tepat jika ingin jangkauan dapat lebih optimal.

Jadi bagaimana, apakah kini Anda sudah semakin paham strategi terbaik untuk menentukan dan menggunakan hashtag secara optimal?

Selain mengaplikasikan berbagai informasi di atas, Anda juga bisa memanfaatkan layanan Branding Strategy untuk menggunakan hashtag dengan strategi yang tepat. Dengan begitu, Anda dapat mengoptimalkan hashtag Instagram agar banyak like dan followers. Hubungi kami untuk berbagai informasi selengkapnya tentang layanan Dreambox.

More Insights

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms