Tips Membuat Konten TikTok yang Viral untuk Bisnis Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
cara-membuat-konten-tiktok-dreambox

Cara Membuat Konten TikTok yang Viral

Belakangan ini, media sosial TikTok semakin diminati berbagai kalangan masyarakat di Indonesia, sehingga hal ini dimanfaatkan sebagai salah satu strategi pemasaran yang menguntungkan. Namun, untuk bisa memanfaatkannya dengan baik, maka Anda sebaiknya mengetahui berbagai cara membuat konten TikTok yang viral.

Dengan viralnya berbagai konten bisnis Anda, maka hal ini dapat memberikan berbagai potensi keuntungan dan pengembangan. Jadi, mari simak penjelasan tentang tips dan strategi membuat konten TikTok berikut ini sampai tuntas!

Pengertian Konten TikTok

TikTok merupakan salah satu media sosial populer yang sebaiknya Anda lirik ketika hendak melakukan pemasaran digital. Sebelum masuk ke berbagai cara membuat konten TikTok yang viral, maka sebaiknya Anda berkenalan lebih lanjut tentang apa itu konten TikTok.

Melalui TikTok, Anda bisa membuat konten berupa video pendek, durasinya berkisar antara 15 sampai 60 detik. Ada berbagai video yang bisa diunggah di sini, misalnya video tarian, musik, komedi, pemasaran, dan sebagainya. Jadi, yang dimaksud dengan konten TikTok adalah jenis konten yang diunggah pada aplikasi ini.

Karena durasinya terbilang pendek, maka Anda membutuhkan berbagai tips dan strategi supaya durasi tersebut bisa dioptimalkan sesuai tujuan pembuatan kontan.

Tips Membuat Konten TikTok yang Viral

Supaya bisa menghasilkan konten yang viral, maka ada berbagai tips dan cara membuat konten TikTok yang bisa Anda lakukan, antara lain seperti di bawah ini.

1. Buat Video padat dan Tulis Caption Menarik

Pertama, buatlah video yang padat sesuai dengan konsep dan informasi yang hendak disampaikan. Meski durasinya singkat, Anda tetap bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin, termasuk untuk mendukung strategi pemasaran dalam bisnis.

Selanjutnya, konten TikTok yang menarik sebaiknya didukung oleh caption yang juga menarik. Buatlah caption yang singkat, jelas, dan bisa membuat banyak orang tertarik untuk menonton isi konten sampai habis.

Lalu, jika berniat untuk memasarkan produk, berikan ajakan yang bisa menarik hati audiens. Selain itu, caption juga bisa dimanfaatkan untuk menjelaskan lebih lanjut tentang hal-hal yang dibahas dalam video.

2. Manfaatkan Hashtag

Hashtag atau tagar menjadi salah satu cara buat konten TikTok menjadi lebih mudah viral. Dengan adanya hashtag, konten semakin mudah untuk masuk ke dalam bagian For You Page atau FYP dan lebih menjangkau banyak audiens.

Namun, pemakaian hashtag juga sebaiknya tidak dilakukan asal-asalan. Gunakan hashtag yang populer, namun tetap sesuai dengan isi konten Anda.

3. Gunakan Lagu Viral

Tips berikutnya adalah sebaiknya Anda memanfaatkan berbagai lagu yang viral, sehingga kemungkinan konten tersebut masuk ke FYP akan lebih besar. Namun, sama seperti hashtag, pastikan juga kesesuaian antara lagu dengan isi konten.

4. Lakukan Kolaborasi

Cara bikin konten TikTok menjadi viral yang selanjutnya yakni dengan melakukan kolaborasi, khususnya dengan kreator atau influencer ternama yang memiliki banyak pengikut.

Anda bisa membuat berbagai jenis video dan sesuaikan dengan tujuan dari konten. Misalnya, jika konten tersebut untuk memasarkan produk, maka buatlah konsep penjualan yang menarik.

5. Ikuti Challenge Populer

Salah satu cara membuat konten TikTok menjadi viral adalah dengan mengikuti berbagai jenis challenge populer. Selain bisa membuat konten Anda masuk FYP, juga bisa meningkatkan pengikut.

Akan lebih bagus lagi jika Anda bisa membuat konten challenge dengan berkolaborasi, seperti yang dibahas dalam tips sebelumnya.

Strategi Konten TikTok yang Sukses

Setelah memahami berbagai tips dan cara membuat konten TikTok yang viral, maka penting juga bagi Anda memahami strategi tepat supaya konten menjadi sukses, di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

1. Penting untuk Pahami Cara Kerja TikTok

Pertama, sangat penting untuk memahami bagaimana cara kerja dari media sosial yang satu ini. Jika Anda merupakan pengguna baru, maka sebaiknya pahami setiap fitur yang ada, supaya bisa memanfaatkannya secara optimal.

Lalu, jika Anda merupakan pengguna lama pun hal ini tetap menjadi poin penting. Pahami juga berbagai cara kerja dari konten sejenis, sehingga Anda bisa menyusun langkah pembuatan konten lebih tepat.

2. Buat Tujuan Konten

Kedua, penting untuk memahami apa saja tujuan dari pembuatan konten Anda. Dengan demikian, Anda pun akan lebih mudah dalam menyusun detail cara membuat konten TikTok yang selaras dengan tujuan tersebut.

Misalnya, bisa saja Anda ingin menjual produk, melakukan branding, ataupun berbagai tujuan bisnis lainnya.

3. Tentukan Target Konsumen atau Audiens

Selanjutnya, jangan lupa untuk menentukan target konsumen atau target audiens Anda. Hal ini nantinya berpengaruh terhadap jenis dan model video yang akan dibuat.

Maka dari itu, salah satu cara buat konten TikTok yang tepat yakni dengan menyesuaikannya dengan target Anda.

4. Konsisten Mengunggah Konten

Konsistensi adalah hal penting dalam strategi konten TikTok yang sukses, terlebih jika tujuan utama Anda adalah dalam memasarkan produk.

Dengan strategi cara bikin konten TikTok yang satu ini, maka Anda bisa memberikan berbagai informasi terbaru secara berkala. Akan lebih baik jika kontennya bervariasi, supaya audiens tidak bosan.

5. Manfaatkan TikTok Ads

Selain penting untuk membuat konten TikTok yang menarik, Anda juga sebaiknya memanfaatkan TikTok Ads supaya bisa menjangkau lebih banyak audiens. Ini adalah fitur iklan berbayar yang prinsipnya serupa dengan iklan di berbagai media sosial lainnya.

Anda bisa memilih target audiens yang sesuai dengan target pemasaran produk, sehingga semakin banyak yang tertarik untuk membeli produk tersebut.

Studi Kasus Konten TikTok yang Sukses

Dengan menerapkan berbagai cara membuat konten TikTok, terdapat banyak produk yang semakin dikenal dan laris di pasaran. Misalnya, produk lampu LED dari Groovy  yang sangat sukses memanfaatkan konten TikTok untuk penjualan mereka.

Kontennya yang memikat hati dengan menciptakan ruangan atau latar belakang berwarna-warni berkat lampu LED, membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan lampu tersebut.

Berbagai kisah menarik dari adanya lampu tersebut pun ditampilkan dalam konten mereka, sehingga menonjolkan bahwa produk ini sangat patut dipertimbangan.

Alhasil, produk mereka semakin diminati dan penjualannya melesat. Mereka adalah salah satu contoh bisnis yang mampu mengemas produk mereka dalam bentuk konten menarik, cantik, dan tentunya viral.

Itulah berbagai penjelasan tentang konten TikTok, tips membuat, strategi, dan studi kasus yang bisa menjadi referensi bagi Anda.

Informasi di atas akan lebih bermanfaat bagi Anda yang baru akan mulai membuat konten atau baru berencana memanfaatkan aplikasi TikTok untuk pemasaran bisnis. Anda juga bisa membaca artikel tentang Konten Tiktok yang Menarik untuk Meningkatkan Brand Awareness.

Namun, perlu dipahami bahwa meski tampak mudah, tetap saja ada berbagai tantangan yang perlu Anda hadapi untuk bersaing dengan bisnis sejenis, terlebih yang sudah lama viral di TikTok.

Maka dari itu, jika ingin hasil yang lebih optimal, Anda bisa memakai layanan Digital Marketing Campaign Dreambox sehingga strategi pemasaran Anda akan lebih sukses. Target bisnis pun akan lebih mudah tercapai, baik dari segi penjualan, branding, dan berbagai target lainnya.

Jadi, jangan tunda lagi, segera hubungi kontak Dreambox dan nikmati layanan terbaik dari kami. Pastikan Anda menerapkan cara membuat konten TikTok yang viral bersama Dreambox!

More Insights

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms