Pahami Cara Kerja Digital Marketing dalam Pemasaran Digital

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
Digital-Marketing

Digital marketing telah menjadi strategi pemasaran yang sebaiknya diketahui oleh setiap pebisnis yang hendak memperluas jangkauan pasarnya. Hal ini disebabkan oleh adanya ketergantungan yang semakin besar pada dunia digital, di mana berbagai kebutuhan marketing dan bisnis mulai dilakukan dan beralih ke platform online. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari cara kerja digital marketing.

Sebagai pelaku bisnis, ini dapat menjadi peluang sekaligus tantangan yang perlu dipelajari dengan tepat. Jadi, mari pahami apa yang disebut pemasaran digital dan alasan mengapa hal ini penting. Ketahui juga tentang konsep, strategi, dan cara kerjanya melalui artikel kali ini!

Pengertian Digital Marketing

Sebelum masuk ke dalam pembahasan yang lebih spesifik, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan strategi marketing yang satu ini.

Digital marketing adalah kegiatan atau strategi pemasaran dengan memanfaatkan berbagai jenis platform atau media digital. Tujuan utamanya yakni supaya bisa menjangkau konsumen dan calon konsumen dengan jangka waktu yang lebih cepat dan cara yang lebih praktis.

Saat ini, masyarakat umum dari berbagai kalangan sudah sangat dekat dengan teknologi digital dan penggunaan internet, sehingga tidak heran jika strategi ini menjadi salah satu hal yang dimanfaatkan oleh berbagai brand.

Mengapa Digital Marketing Penting?

Mengapa-Digital-Marketing-Penting-Dreambox

Banyak orang yang berkata bahwa penting bagi setiap pebisnis untuk mengetahui cara kerja digital marketing.

Namun sebenarnya, mengapa digital marketing ini menjadi hal yang penting? Di bawah ini adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengoptimalkan digital marketing:

1. Jangkauan yang Luas

Internet membuat berbagai hal menjadi lebih cepat, mudah, dan efisien, termasuk menjangkau audiens secara lebih luas untuk pemasaran produk. Anda bisa menargetkan pasar dari berbagai kalangan dan lokasi geografis. Anda bahkan bisa memasarkan produk hingga ke tingkat internasional dengan memanfaatkan digital marketing.

2. Penyebaran yang Cepat

Cara kerja digital marketing yang terbilang cepat menjadi kelebihan yang sangat patut diperhatikan. Anda bahkan bisa menyebarkan berbagai konten dan informasi produk dalam hitungan detik.

Selain itu, layanan digital yang ditawarkan oleh bisnis Anda juga bisa bergerak dengan cepat, mulai dari pemesanan, pembayaran, hingga proses pengiriman.

3. Efektif dan Lebih Murah

Jika dibandingkan dengan berbagai cara pemasaran konvensional, misalnya dengan memanfaatkan iklan di media massa, maka strategi pemasaran digital terbilang cenderung lebih murah.

Anda dapat memanfaatkan berbagai fasilitas iklan yang ditawarkan oleh media sosial, berkolaborasi dengan berbagai pihak, hingga membuat berbagai konten serta mempublikasikannya secara gratis di media sosial. Sesuaikan saja berbagai strategi marketing ini dengan budget yang Anda miliki.

4. Membantu dalam Membangun Citra Brand

Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan digital marketing untuk mengenalkan brand ke kalangan yang lebih luas dan membangun citra yang baik.

Mengenal Konsep Digital Marketing

Mengenal-Konsep-Digital-Marketing-Dreambox

Jika dilihat dari konsepnya, secara umum ada dua jenis digital marketing, yakni organic dan paid marketing. Berikut adalah masing-masing penjelasan ringkasnya:

1. Organic Marketing

Ini adalah strategi digital marketing yang memanfaatkan SEO dan berbagai cara atau saluran organik lainnya untuk melakukan pemasaran dan meningkatkan brand awareness.

2. Paid Marketing

Selanjutnya, paid marketing adalah metode berbayar untuk melakukan pemasaran digital. Misalnya menggunakan fasilitas iklan yang disediakan oleh Google dan berbagai platform media sosial.

Strategi Digital Marketing yang Sering Digunakan

Digital marketing adalah strategi marketing yang kini sudah banyak dipakai oleh berbagai kalangan pebisnis. Maka dari itu, perlu ada strategi yang tepat dan sesuai dengan tujuan bisnis Anda, supaya hasilnya optimal. Di bawah ini adalah berbagai strategi digital marketing yang umum dipakai.

1. SEO (Search Research Optimization)

Pertama, ada SEO yang merupakan strategi untuk melakukan optimalisasi website, supaya bisa mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian. Dengan begitu, maka bisnis akan lebih mudah dicari dan dikenal secara luas.

2. SEM (Search Engine Marketing)

Ini merupakan cara pemasaran dengan melakukan promosi terhadap website. Tujuannya yakni untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari, sehingga lebih mudah untuk ditemukan.

3. Content Marketing

Contoh digital marketing yang cukup populer yakni dengan memanfaatkan content marketing. Anda dapat membuat dan membagikan berbagai jenis konten.

Misalnya, dalam bentuk unggahan media sosial, blog, video, artikel, buku digital, brosur online, hingga infografis.

4. Social Media Marketing

Selanjutnya, ada social media marketing yang memungkinkan Anda untuk mempromosikan brand melalui fasilitas iklan yang disediakan oleh media sosial.

Contoh digital marketing ini bisa dilakukan melalui Twitter, Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

5. Email Marketing

Anda juga bisa memberi tahu berbagai produk atau informasi terbaru melalui email, sehingga dapat menjangkau berbagai kalangan yang sudah terkoneksi dengan bisnis Anda.

Pelajari Contoh Digital Marketing di 2024 yang Dapat Anda Tiru untuk menentukan strategi marketing yang relevan bagi bisnis Anda.

Cara Kerja Digital Marketing

Cara-Kerja-Digital-Marketing-Dreambox

Tentunya, dalam menerapkan digital marketing, Anda perlu melakukan berbagai langkah yang tepat, antara lain sebagai berikut.

1. Menentukan Target Audiens

Langkah awal yang penting dalam mengoptimalkan strategi ini yakni dengan menentukan target audiens yang tepat. Anda perlu menyesuaikan target ini dengan target pasar yang ingin dijangkau.

Kenali berbagai kondisi demografis dan karakteristik mereka. Misalnya, usia, jenis kelamin, hobi, preferensi, pendapatan, dan sebagainya.

2. Menetapkan Tujuan dan KPI

Selanjutnya, tetapkan tujuan dari bisnis Anda dan KPI atau Key Performance Indicator.

Anda perlu menentukan apa tujuan dari marketing ini, mulai dari tujuan jangka pendek hingga jangka panjang. Tujuan ini sebaiknya disusun secara terukur, spesifik, dan bisa dicapai dengan cara kerja digital marketing yang relevan.

Misalnya, membuat tujuan untuk meningkatkan penjualan sampai angka tertentu atau melakukan branding ke berbagai kalangan masyarakat.

Selain itu, penting untuk menetapkan KPI yang merupakan kumpulan metrik kinerja. Misalnya, social media engagement, organic traffic, target penjualan dan pertumbuhan bisnis, indikator pengunjung situs website, dan sebagainya.

3. Merencanakan dan Menerapkan Strategi

Jika Anda sudah mengenal target audiens dengan baik, maka konten yang dibuat dan berbagai strategi marketing lainnya dapat disesuaikan.

Misalnya, jika ingin menjangkau anak muda kekinian, maka memanfaatkan media sosial dapat menjadi pilihan yang tepat.

Tentunya, cara kerja digital marketing ini perlu disesuaikan dengan tujuan bisnis atau marketing Anda, sebagaimana yang dijelaskan dalam poin kedua.

4. Menganalisis dan Mengoptimalkan

Langkah yang tidak kalah penting yakni melakukan berbagai analisis terkait strategi yang Anda gunakan. Lakukan juga evaluasi secara berkala untuk menilai kinerja dari strategi Anda. Jika ada yang dirasa kurang, maka Anda bisa melakukan perbaikan sesuai dengan hasil evaluasi tersebut.

Setelah membaca berbagai informasi di atas, apakah kini Anda sudah semakin paham tentang digital marketing yang kini semakin populer dan penting untuk dipelajari?

Mengoptimalkan digital marketing memang menjadi tantangan bagi banyak orang. Meski demikian, arus digitalisasi yang terus mengalir tidak boleh Anda abaikan begitu saja, karena ini bisa membuat Anda kehilangan berbagai peluang pemasaran.

Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan berbagai cara kerja digital marketing, atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengoptimalkannya, maka layanan Digital Marketing dari Dreambox dapat menjadi solusi tepat. Silakan hubungi kami untuk pertanyaan atau informasi lebih lanjut tentang layanan digital marketing ini.

More Insights

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms