8 Live Shopping Platform 2024: Kelebihan dan Kekurangannya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
live-shopping-dreambox

Live shopping (belanja langsung) atau live commerce kini menjadi metode pemasaran andalan bagi berbagai industri. Berbeda dengan online shopping, live commerce menyiarkan tayangan langsung yang interaktif antara host (pembawa acara) dengan penonton atau audiens. 

Terdapat berbagai platform yang digunakan untuk melakukan live commerce. Beberapa diantaranya ada Shopee, Tiktok, hingga Amazon. Masing-masing platform memiliki kelebihan serta kekurangan, ikuti informasi selengkapnya berikut ini!

Mengenal Apa Itu Live Shopping

Live streaming shopping merupakan siaran langsung pada platform seperti e-commerce dan media sosial yang dibawakan oleh pembawa acara (host) dengan tujuan mempromosikan berbagai produk dari brand tertentu. 

Pembawa acara akan mendemonstrasikan produk secara detail kepada penonton live. Kemudian, penonton dapat mengajukan pertanyaan atau melakukan pembelian pada saat siaran berlangsung. 

Pertanyaan dari penonton dapat dijawab secara langsung oleh pembawa acara. Ini membuat interaksi di live layaknya penjual dan pembeli yang bertemu secara langsung di toko.

Platform-Platform untuk Live Shopping

Live streaming shopping dapat Anda lakukan pada berbagai platform. Mari bahas satu per satu platform untuk shopping secara live berikut ini:

1. Shopee Live Shopping

Shopee merupakan salah satu platform berbelanja secara live yang populer di Indonesia. Tingkat pengguna Shopee sangat tinggi. Itulah mengapa, Anda akan menemukan berbagai brand yang melakukan live setiap saat di platform ini. 

Kelebihan live shopping Shopee

Berbagai kelebihan Shopee sebagai platform live commerce, di antaranya:

  • Jangkauan Regional yang Besar
    Shopee termasuk e-commerce dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Ini memungkinkan brand menjangkau akses ke pasar yang lebih besar.
  • Terdapat Opsi Periklanan
    Untuk meningkatkan jangkauan konsumen dan visibilitas brand, Shopee menyediakan serangkaian opsi periklanan bagi bisnis. Anda juga bisa mempelajari 5 Cara Membuat Iklan Shopee yang Efektif untuk Melipatgandakan Penjualan.

Kekurangan live commerce di Shopee 

  • Tingkat Persaingan Tinggi
    Mengingat terdapat ribuan bahkan lebih penjual yang sedang mempromosikan produknya melalui fitur live.
  • Peningkatan Komisi dan Biaya Platform
    Seperti e-commerce pada umumnya, Shopee mematok biaya untuk penjual live. Khususnya bagi bisnis dengan penjualan tinggi.

2. Tokopedia Live Shopping

Berikutnya, ada Tokopedia yang menyediakan fitur belanja melalui live bernama Tokopedia Play. Penayangan live akan berada di halaman toko penjual serta halaman feed

Kekurangan Tokopedia Live Shop

Namun, Tokopedia Live memiliki keterbatasan sebagai berikut:

  • Tidak Semua Penjual Bisa Melakukan Live
    Sesuai S&K, hanya penjual dengan lencana Official Store atau Power Merchant yang terpilih saja yang dapat live di Tokopedia.
  • Maksimal Durasi Live Hanya sampai 2 Jam
    Saat ini, perlu diketahui bahwa Tokopedia memberikan durasi paling lama 2 jam untuk melakukan live commerce.

Kelebihan  live di Tokopedia

Adapun kelebihan live di Tokopedia bagi penjual yang memenuhi Syarat & Ketentuan di antaranya:

  • Fitur Voucher dan Produk Tagging
    Kedua fitur ini mampu meningkatkan penjualan produk melalui live streaming.
  • Penjual Dapat Mengikuti Campaign
    Adapun kelebihan ini dikhususkan bagi toko terpilih dari Tokopedia Play.

3. Tiktok Live Stream Shop

Fokus pada video pendek, Tiktok juga menjadi salah satu platform live streaming shopping yang populer. Platform ini memiliki pengguna aktif bulanan di atas 1 miliar. Sebanyak 20% dari pengguna tersebut cenderung menyukai konten live stream shop di Tiktok. 

Kelebihan Live Stream Shopping Tiktok

Kelebihan dari melakukan live streaming di Tiktok di antaranya:

  • Jangkauan Audiens yang Luas
    Dengan pengguna aktif melebihi 1 miliar per bulan, maka bisnis dapat menjangkau audiens yang lebih besar di Tiktok Live. Anda bisa mulai dengan Menentukan Jadwal Post TikTok di 2024.
  • Interaksi Real-time dengan Audiens
    Live yang semakin efektif dengan fitur chat, like, dan gift.
  • Konversi Penjualan Meningkat
    Didukung oleh daya beli yang tinggi dari Gen Z serta milenial sebagai demografi yang mendominasi Tiktok. Anda juga bisa menerapkan taktik sukses Tiktok Live agar konversi bertambah.

Kekurangan Tiktok Live Shopping

Adapun kekurangan dari Tiktok Live yang perlu Anda perhatikan yakni:

  • Pengguna dengan Pengikut <1000 belum Bisa Live
    Dengan begitu, mereka perlu memproduksi konten terlebih dahulu untuk menarik pengikut
  • Opsi Monetisasi Terbatas
    Jadi, kemitraan merek serta iklan menjadi tantangan tersendiri bagi pembuat konten

4. Lazada Lazlive

Lazada jadi e-commerce selanjutnya yang menyediakan fitur live streaming bernama Lazlive. Fitur ini memungkinkan penjual dan pembeli lebih interaktif melalui komentar dan reaksi secara real-time.

Beberapa kelebihan Lazlive contohnya adalah sebagai berikut:

  • Menawarkan voucher serta produk unggulan yang dipromosikan
  • Meningkatkan pengikut toko
  • Mendorong audiens membeli produk saat itu juga

Sementara itu, kekurangan dari Lazlive adalah:

  • Konfirmasi pembayaran pada platform cenderung lama;
  • Platform memiliki risiko penipuan yang lebih tinggi.

5. Facebook Live Shopping

Facebook Live merupakan fitur terintegrasi dari Facebook Meta yang memungkinkan pengguna menyiarkan tayangan langsung untuk pengikutnya.

Kelebihan live shop di Facebook yaitu:

  • Dapat promosi silang dengan fitur Facebook lain seperti acara dan grup;
  • Alat bawaan seperti halaman Facebook sebagai yang bisa meningkatkan engagement dengan audiens.

Sementara itu, kekurangan live shopping di Facebook di antaranya:

  • Alat interaksi dengan audiens terbatas, penjual perlu intuitif dalam mengajak audiens merespon di chat;
  • Analisis penayangan live belum begitu canggih dan masih bisa ditingkatkan.

6. Instagram Live

Live merupakan salah satu fitur unggulan Instagram yang bisa menjadi metode promosi bagi bisnis. Ini wajib dicoba ketika ingin meningkatkan brand awareness serta penjualan, sebab Instagram Live menawarkan kelebihan sebagai berikut:

  • Menyediakan Insight Audiens
    Fitur ini yang memberi pemilik bisnis informasi spesifik tentang pengikut dan minatnya. Terlebih bila live menggunakan profil bisnis yang diatur untuk lebih promosional.

Sementara itu, tantangan yang perlu dihadapi ketika ingin melakukan live di Instagram adalah:

  • Rentan Mengalami Masalah Teknis
    Terutama pada Instagram versi web yang tidak seoptimal versi aplikasinya.

7. Zalora Z-Live

Platform untuk belanja live satu ini khusus untuk brand di bidang fashion, lifestyle, hingga beauty. Kelebihan utama dari Z-Live yaitu terdapat 5 segmen live, berupa:

  • Friends in Fashion, yang fokus pada industri fashion
  • Beauty Files, fokus pada industri kosmetik dan skincare
  • Style Challenge, fokus pada penataan gaya
  • Just For Kicks, fokus pada industri streetwear serta sneakers
  • Hot Sales, fokus pada sharing informasi tentang promosi dan diskon dari Zalora.

Sedangkan, kekurangan dari Z-Live adalah segmentasi industri yang didominasi merek-merek fashion, beauty, dan lifestyle saja. Jadi, selain industri tersebut kurang efektif melakukan live streaming di platform ini.

8. Amazon Stream Shop

Sebagai e-commerce terbesar di Amerika Serikat (AS), Amazon menyediakan fitur live khusus untuk penjual profesional dari negara tersebut. Maka dari itu, platform ini kurang ideal untuk penjual Indonesia. 

Namun, bagi penjual AS akan merasakan kelebihan seperti:

  • Bebas Biaya
    Kelebihan ini bisa penjual manfaatkan dengan maksimal untuk promosi produk.
  • Meningkatkan Penjualan
    Mengingat platform ini memiliki audiens besar sehingga menjangkau target yang tepat lebih mudah.

Kekurangan dari live di Amazon contohnya adalah:

  • Kompetisi Tinggi
    Hal ini akan berpengaruh pada visibilitas brand ketika semakin banyak bisnis yang live streaming.

Tingkatkan Penjualan Live Shopping bersama Dreambox

Berbagai platform untuk live streaming shopping tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa menggunakan yang paling sesuai dengan tujuan pemasaran bisnis.

Untuk memaksimalkan penjualan melalui platform live streaming shopping tersebut, Anda bisa bekerja sama dengan layanan digital marketing berkualitas seperti Dreambox Branding Agency. Ada 100+ perusahaan yang sukses mendapatkan pelanggan melalui Dreambox. 

Jadi, buat live shopping bisnis Anda efektif dengan menghubungi kontak Dreambox untuk konsultasi lebih lanjut!

More Insights

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms