Keunggulan dan Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
Manfaat-digital-marketing-dreambox

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, manfaat digital marketing berperan penting dalam kemajuan bisnis. Pasalnya, teknik pemasaran ini dapat membantu bisnis untuk menjangkau audiens yang tidak dapat dijangkau sebelumnya dengan cara yang lebih mudah. 

Dengan digital marketing, bisnis dapat terhubung lebih mudah dengan audiens melalui media digital. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pemasaran dan promosi dengan lebih maksimal. Untuk mengenali lebih jauh terkait digital marketing, mari simak informasi berikut!

Pengertian Digital Marketing

Secara bahasa, digital marketing memiliki makna pemasaran digital. Dengan menggunakan strategi pemasaran ini, Anda bisa menjual dan mempromosikan produk menggunakan media digital. 

Menurut Rob Thompson dan Trendjackers, digital sendiri adalah penggunaan teknologi digital dan perangkat yang mendukung koneksi internet untuk melakukan pemasaran agar bisa mencapai target. 

Jadi, singkatnya, digital marketing dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang memanfaatkan media digital dan jaringan untuk mencapai tujuan pemasaran. Kini, teknik pemasaran ini mulai digunakan oleh berbagai bisnis. 

Tujuannya, agar mereka dapat menjangkau audiens lebih luas. Terlebih saat ini semakin banyak orang yang lebih gemar belanja secara online ketimbang langsung datang ke lokasi toko produk terkait.

Ada beberapa elemen yang memiliki peran penting dalam digital marketing. Adapun elemen tersebut di antaranya:

  • SEO: proses mengoptimalkan situs web Anda agar muncul di posisi teratas hasil pencarian mesin pencari seperti Google.
  • Social Media Marketing: metode pemasaran yang dilakukan melalui media sosial, seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan sebagainya.
  • Content Marketing: pemasaran konten berfokus pada pembuatan dan distribusi konten yang relevan dan bernilai untuk menarik audiens. Konten dapat berupa artikel, video, gambar, dan sebagainya.
  • Email Marketing: pemasaran yang melibatkan pengiriman pesan promosi atau informatif kepada daftar pelanggan yang sudah ada atau calon pelanggan, melalui email.
  • Pay per Click Advertising: model periklanan digital dengan cara pengiklan membayar biaya setiap kali iklan mereka diklik.
  • Mobile Marketing: pemasaran seluler memanfaatkan perangkat seluler seperti smartphone dan tablet untuk menjangkau audiens. Hal ini termasuk melalui aplikasi mobile dan optimasi website untuk mobile.
  • Affiliate Marketing: bentuk pemasaran yang memberikan komisi kepada afiliasi (mitra) untuk setiap penjualan yang berhasil mereka lakukan.

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis

Digital marketing menawarkan berbagai manfaat yang dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari digital marketing untuk bisnis:

1. Target Pasar Lebih Sesuai

Digital marketing memungkinkan bisnis untuk menargetkan pasar dengan lebih spesifik dan akurat. Dengan bantuan data dan analitik, perusahaan dapat memahami perilaku konsumen, preferensi, serta demografi yang relevan. 

Misalnya, iklan di media sosial dapat ditargetkan berdasarkan usia, lokasi, minat, dan kategori lainnya. Hal ini memungkinkan strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran, dan meningkatkan efektivitas dari kampanye yang dibuat. 

2. Evaluasi Strategi Sesuai Data

Salah satu keunggulan utama digital marketing adalah kemampuannya untuk menyediakan data yang akurat dan terukur. Melalui berbagai alat analitik yang tersedia, bisnis dapat memantau efektivitas kinerja kampanye mereka secara real-time

Informasi ini memungkinkan perusahaan untuk mengevaluasi dan menyesuaikan strategi mereka berdasarkan data yang lebih jelas, bukan hanya sebuah asumsi atau perkiraan saja. Dengan demikian, keputusan yang diambil menjadi lebih pasti dan efektif.

3. Meningkatkan Reputasi Brand

Manfaat digital marketing berikutnya yaitu dapat membantu meningkatkan reputasi brand. Pasalnya, digital marketing memberikan platform bagi bisnis untuk membangun dan meningkatkan reputasi mereka. 

Bila perusahaan selalu konsisten dan aktif di berbagai media online, perusahaan dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. 

Anda bisa coba membuat konten berkualitas yang relevan dan bermanfaat bagi audiens. Harapannya konten tersebut dapat menghasilkan interaksi yang responsif di media sosial. Selain itu, Anda juga dapat membagikan ulasan positif dari pelanggan untuk  meningkatkan citra brand.

4. Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Salah satu kekuatan utama digital marketing adalah kemampuannya untuk menjangkau audiens secara lebih luas, baik secara lokal maupun global. Pasalnya, internet memberikan akses tanpa batas sehingga memungkinkan bisnis kecil sekalipun untuk menembus pasar internasional. 

Dengan mengandalkan strategi SEO yang efektif, konten yang menarik, dan kampanye iklan yang terarah, bisnis dapat menjangkau dan menarik perhatian audiens yang lebih besar.

5. Meningkatkan Engagement

Digital marketing memungkinkan interaksi dua arah antara bisnis dan pelanggan. Melalui media sosial, blog, atau platform online lainnya, pelanggan dapat memberikan respon secara langsung dengan bisnis, seperti memberi umpan balik, mengajukan pertanyaan, atau interaksi lainnya. 

Dalam hal ini, Anda perlu membuat konten yang relevan dengan audiens yang dituju. Selain itu, pastikan konten tersebut menarik agar mengundang respons yang diinginkan dari audiens. 

Keunggulan Digital Marketing dibandingkan Metode Tradisional

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh digital marketing yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan jika menggunakan teknik pemasaran tradisional. Adapun manfaat digital marketing yang dimaksud yaitu sebagai berikut:

1. Meningkatkan Penjualan Bisnis

Keunggulan utama dari digital marketing bagi bisnis yaitu dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis. Dengan menggunakan strategi yang tepat, Anda bisa menjangkau pelanggan potensial lebih besar, baik lokal ataupun global. Tentunya, hal ini dapat berpengaruh secara langsung terhadap angka penjualan. 

2. Biaya Lebih Hemat

Digital marketing dianggap sebagai strategi pemasaran yang lebih hemat dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional seperti iklan cetak, televisi, atau radio. 

Anda bisa memanfaatkan platform digital seperti media sosial, email marketing, dan konten marketing yang menawarkan berbagai pilihan pemasaran terjangkau dan bahkan gratis.

3. Hasil Lebih Terukur

Seperti yang diketahui, digital marketing memberikan akses untuk memantau dan mengukur hasil kampanye secara real-time. Dengan alat analitik seperti Google Analytics, bisnis dapat memantau jumlah pengunjung, tingkat konversi, dan metrik lainnya dengan lebih akurat.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk membangun strategi yang lebih tepat agar kampanye lebih efektif. Sementara itu, metode tradisional seringkali sulit diukur secara akurat dan membutuhkan waktu lama untuk mengetahui hasilnya.

4. Jangkauan Bisnis Lebih Luas

Digital marketing memungkinkan bisnis untuk menjangkau audiens global dengan mudah. Anda bisa memanfaatkan beberapa media digital seperti media sosial, mesin pencari, dan email marketing agar bisnis dapat menjangkau pelanggan potensial berbagai wilayah, tanpa batasan geografis. 

Tentunya, hal ini lebih sulit dilakukan bila menggunakan metode pemasaran tradisional. Metode tradisional seringkali terbatas pada wilayah tertentu dan membutuhkan biaya tinggi untuk mencapai audiens yang lebih luas.

Studi Kasus Bisnis yang Sukses dengan Digital Marketing

Seperti yang diketahui, ada banyak manfaat digital marketing bagi bisnis. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa brand yang berhasil sukses menggunakan teknik pemasaran digital ini. Adapun brand tersebut di antaranya:

1. Gojek

Siapa yang tidak kenal dengan Gojek? Aplikasi ojek online ini memanfaatkan kampanye digital untuk melakukan promosi. Salah satu yang cukup sukses yaitu kampanye berjudul “Tata Cara Pemilihan Umum, Bersama Jo & Jek!”. 

Kampanye tersebut dirilis untuk mempromosikan GoVote yang mengajak pengguna agar memesan layanan Gojek untuk berangkat ke tempat pemilu.

2. Tokopedia

Tokopedia juga termasuk perusahaan yang sukses dan mengandalkan manfaat digital marketing. Salah satu contoh kampanye yang dilakukan yaitu menjadikan girlband dan boyband Korea sebagai brand ambassador. Tentunya, kampanye ini cukup berhasil mengingat banyaknya penggemar K-POP di Indonesia.

3. Erigo

Erigo merupakan salah satu brand lokal yang berhasil membawa produknya ke kancah internasional. Dalam perjalanannya, Erigo memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk dan bekerja sama dengan banyak influencer untuk mempromosikan produknya.

Demikian beberapa manfaat digital marketing untuk bisnis yang mungkin belum Anda sadari. Ketahui juga keuntungan digital marketing untuk bisnis. Agar lebih maksimal, Anda bisa memanfaatkan layanan SEO Digital Marketing Campaign dari Dreambox. Segera hubungi kami untuk berkonsultasi!

More Insights

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms