Memulai sebuah usaha perlu persiapan yang sangat matang. Mulai dari produk yang akan dijual, target pasar yang akan dijangkau, strategi marketing yang akan dijalankan, dan masih banyak yang lainnya. Usaha tersebut agar bisa dikenal oleh banyak orang, terutama kepada target pasar, Anda perlu melakukan kegiatan marketing atau promosi yang menarik.
Baca Juga: Simak 5 Keuntungan Belajar Digital Marketing untuk Pekerja atau Pengusaha
Saat ini, orang sudah banyak yang menggunakan cara digital marketing untuk melakukan promosi terhadap usaha yang sedang dijalani. Terlebih, sekarang juga sudah banyak pengguna yang melakukan transaksi jual beli melalui platform digital, karena dinilai lebih efektif dan efisien.
Platform Digital untuk Kegiatan Digital Marketing
Pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya selalu bertambah. Tak heran bila banyak pengusaha yang memanfaatkan peluang ini untuk memasarkan usaha mereka kepada pengguna internet dengan sangat mudah.
Lalu, apa saja platform digital yang sering digunakan oleh pengusaha untuk kegiatan digital marketing? Simak pembahasannya di bawah ini :
1. Facebook
Facebook merupakan salah satu aplikasi yang memiliki pengguna terbesar dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Banyak dari pengusaha yang memasarkan produk melalui facebook karena jangkauan pasarnya sangat luas.
Orang di facebook tidak hanya untuk sekedar update status saja, tetapi juga mencari informasi atau rekomendasi sebuah produk. Ditambah, saat ini sudah ada fitur untuk iklan pada facebook. Anda bisa dengan mudah beriklan di Facebook dengan fitur tersebut.
2. Youtube
Siapa yang tidak mengenal platform digital yang satu ini? Youtube juga salah satu platform atau aplikasi yang sering diakses banyak orang. Biasanya orang mengakses youtube untuk mencari hiburan, belajar, dan juga pengusaha banyak beriklan di sana.
Melakukan iklan pada youtube tentunya butuh ilmu atau keahlian tersendiri. Anda tidak bisa sembarangan melakukan iklan tanpa mempelajarinya terlebih dahulu. Buatlah konten yang berkualitas untuk iklan Anda agar bisa menarik para pelanggan atau pengguna youtube untuk mengunjungi produk yang Anda iklankan.
3. Whatsapp
Aplikasi ini sekarang sudah memiliki dua tipe yang berbeda, yaitu whatsapp dan whatsapp business. Whatsapp business sendiri hampir sama dengan whatsapp biasa, hanya bedanya adalah whatsapp business dibuat untuk Anda yang memiliki usaha.
Fitur-fitur yang disediakan juga memudahkan para pengusaha mudah dalam melayani pelanggan. Seperti fitur balas cepat yang ditampilkan apabila pelanggan melakukan chat pertama kali kepada Anda. Saat Anda sibuk dengan urusan lain, fitur balas cepat ini akan membantu untuk Anda tetap bisa merespon pelanggan.
4. Instagram
Platform berikutnya yang sering digunakan untuk kegiatan digital marketing adalah instagram. Indonesia juga menempati urutan keempat sebagai negara dengan pengguna instagram terbesar di dunia.
Hal itu mendorong para pengusaha untuk membuat promosi usaha melalui media instagram tersebut. Di instagram, iklan yang banyak ditampilkan adalah berupa foto atau video. Di sini, Anda tidak hanya bisa memasarkan produk yang dijual saja, tetapi bisa memperlihatkan video proses dibuatnya produk agar pelanggan bisa lebih percaya.
5. LINE
LINE sebagai perusahaan pesan instan, juga telah membuat sebuah kemajuan untuk mendukung para pengusaha yang ingin memasarkan produk lebih luas lagi. Salah satunya dengan fitur Business contact yang memberikan manfaat untuk memudahkan pengguna LINE dengan penjual berkomunikasi secara real time.
Selain itu, dengan menggunakan LINE, Anda bisa dengan mudah melakukan pesan broadcast kepada setiap kontak pelanggan tentang produk yang dijual. Masukkan juga tambahan foto atau gambar yang bisa menarik pelanggan pada produk Anda.
Kelima platform digital tersebut bisa Anda gunakan sebagai cara untuk melakukan digital marketing. Anda juga bisa melakukan setiap promosi untuk produk tersebut melalui banyak platform agar jangkauan pasarnya semakin luas.
Baca Juga: Tips Menyusun Perencanaan Strategi Branding Perusahaan
Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia marketing? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.