10 Cara agar FYP di TikTok yang Dapat Anda Lakukan Sendiri

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
FYP-TikTok

TikTok adalah platform populer terutama di kalangan para pengguna media sosial. Tidak terkecuali bagi bisnis, TikTok juga menjadi platform ideal untuk memasarkan produk. Itulah mengapa, mengetahui cara agar FYP di TikTok jadi kunci meningkatkan visibilitas bisnis.

Bila bisnis FYP dan visibilitasnya di TikTok tinggi, maka strategi digital marketing pun dapat berjalan lebih efektif. Namun, Anda harus paham terlebih dahulu bagaimana algoritma TikTok bekerja agar konten FYP. Pelajari selengkapnya dalam artikel ini!

Apa Itu FYP TikTok?

Apa-Itu-FYP-TikTok-Dreambox

FYP adalah For You Page TikTok. Lebih jelasnya, FYP TikTok berisi rekomendasi video yang tampil paling awal ketika Anda membuka TikTok. Biasanya, berada di FYP TikTok kemungkinan besar membuat konten video Anda menjadi viral. 

Itulah mengapa, banyak yang ingin mengetahui cara agar FYP di TikTok. Khususnya para kreator konten yang mendapatkan penghasilan dari TikTok. Perlu Anda ketahui bahwa For You Page berbeda dari halaman Following

Konten video yang muncul pada halaman Following hanya berasal dari akun yang Anda ikuti. Adapun deretan video yang Anda lihat di For You Page akan muncul berdasarkan algoritma serta popularitas.

Misalnya, Anda sering menonton video mukbang di TikTok. Maka, algoritma Instagram akan merekomendasikan konten mukbang di halaman pencarian Anda dan For You Page Anda akan dipenuhi dengan berbagai video konten mukbang.

Cara Kerja Algoritma FYP TikTok

Cara-Kerja-Algoritma-FYP-TikTok-Dreambox

FYP TikTok menerapkan open social network sebagai sistem dalam algoritmanya. Sistem tersebut memungkinkan Anda mendapat rekomendasi konten dari akun TikTok lain selama akun tidak dikunci.

Algoritma TikTok terdiri dari tiga tahap yang bisa Anda ikuti sebagai cara agar video FYP di TikTok. Ketahui selengkapnya melalui pembahasan berikut:  

1. Interaksi dengan User: Like, Comment, dan Share

Kini, algoritma TikTok akan merekomendasikan video dengan melihat interaksi user (pengguna) terhadap konten. Apabila Anda sering melakukan interaksi dengan konten atau akun tertentu, maka Anda berpotensi lebih sering melihatnya di FYP. 

Saat video diunggah, algoritma lalu membagikannya ke pengguna dalam kelompok-kelompok kecil. Pengguna tersebut dianggap TikTok sebagai akun yang lebih mungkin berinteraksi dengan kontennya setelah melihat perilaku menggunakan TikTok.

Bila pengguna tersebut berinteraksi dengan memberikan like, comment, share, atau save video, TikTok akan melakukan distribusi kembali. Target distribusi tidak lain adalah pengguna lain dengan minat serupa seperti kelompok pengguna pertama. 

2. Waktu Tonton dan Penyelesaian Video

Cara agar FYP di TikTok juga termasuk melihat waktu tonton pengguna. Bila Anda menonton video hingga habis, maka TikTok cenderung merekomendasikan kembali konten serupa di FYP Anda.  

Indikator seperti rata-rata watch time (waktu tayang), rasio antara watch time serta durasi video, hingga replay atau pemutaran ulang suatu konten pun dievaluasi oleh TikTok. Jadi, penting membuat pengguna TikTok betah menonton konten hingga selesai agar masuk ke FYP mereka. 

3. Penggunaan Sound, Hashtag, dan Efek Populer

Memastikan kelengkapan informasi pada video menjadi satu lagi cara FYP di TikTok yang dapat Anda coba. Contoh informasi tersebut seperti sound, hashtag, caption, dan efek yang populer. Pilih yang relevan dengan video Anda sehingga kualitas video memadai.

10 Cara agar FYP di TikTok 

10-Cara-agar-FYP-di-TikTok-Dreambox

Bagi Anda yang ingin menggunakan TikTok sebagai media marketing, berikut tentang TikTok Ads untuk Bisnis Anda: Cara, Tips, dan Studi Kasus. Selanjutnya, mari pelajari berbagai cara yang perlu Anda lakukan agar FYP berikut ini: 

1. Membuat Video Kreatif dan Berkualitas

Kreativitas dan kualitas menjadi dua hal yang disukai pengguna TikTok. Ketika Anda menggabungkan dua unsur tersebut, maka konten video Anda berpeluang lebih tinggi masuk di For You Page

Usahakan video Anda tidak mengandung gambar yang buram dan blur. Sebab, ini akan menurunkan kualitas konten di mata pengguna. Sebaiknya, tingkatkan kemampuan editing Anda untuk menambah keunikan video. Jadi, semakin banyak pengguna yang tertarik untuk menontonnya.

2. Membuat Video Berdurasi Pendek

Meskipun TikTok telah menyediakan durasi panjang, tetapi pengguna lebih menikmati konten berdurasi pendek yang kurang dari satu menit. 

Anda bisa menambahkan unsur atraktif pada awal video untuk membuat pengguna TikTok menonton hingga akhir. Cara agar FYP di TikTok satu ini dapat Anda coba dengan menggunakan hook yang membuat pengguna penasaran.

Misalnya, “TikTok Shop resmi tutup besok?! Ternyata karena tiga alasan ini!”. Selalu to the point saat menggunakan hook agar pengguna bertahan lebih lama untuk menonton video Anda.

3. Memiliki Ciri Khas

Konten yang memiliki ciri khas juga populer di TikTok. Anda bisa mencurahkan ide-ide orisinal yang lucu dan unik sebagai konten secara rutin. Lama kelamaan pengguna pun menyadari keberadaan akun Anda dan mengingatnya berdasarkan ciri khas yang ditampilkan.  

4. Mengikuti Trend dan Challenge

TikTok memiliki berbagai trend serta challenge yang seru dan menarik. Untuk meningkatkan visibilitas bisnis di TikTok, promosikan dengan mengunggah video mengikuti trend beserta challenge yang sedang populer. 

Potensi akun TikTok bisnis Anda naik pun lebih besar. Traffic hingga followers akan bertambah karenanya. Bukan tidak mungkin konten video Anda juga masuk ke For You Page TikTok.

5. Melakukan Kolaborasi dengan Kreator Lain

Cara agar FYP di TikTok selanjutnya adalah kolaborasi dengan kreator populer. Ini akan meningkatkan exposure terhadap konten video Anda. Ide kolaborasi mulai dari menari atau menyanyi yang bisa Anda sesuaikan dengan niche kreator tersebut.

6. Menggunakan Backsound yang Populer

Anda juga harus memilih backsound populer untuk membuat video masuk FYP. Sebelum mengunggah video, pastikan Anda telah mempelajari musik yang sedang banyak digunakan oleh para kreator TikTok. Lalu, tinggal cocokkan dengan isi videonya agar tetap relevan.

7. Menulis Hashtag

Hashtag termasuk cara agar video FYP di TikTok. Gunakan hashtag sejumlah tiga hingga 5 buah menyesuaikan isi konten. Sertakan pula hashtag seperti #FYP, #foryou, serta #foryoupage. 

Penggunaan hashtag membantu video Anda muncul saat pengguna mengetikkan kata atau frasa yang sama. Jadi, konten akan semakin banyak ditonton.

8. Caption Minimalis

Tidak harus selalu panjang, pastikan caption video Anda menarik serta relevan dengan isinya. Anda dapat membuat caption berupa pertanyaan demi mengundang interaksi seperti komentar dari akun lain. Bila interaksi semakin tinggi, maka konten pun berpeluang masuk FYP.

9. Interaksi dengan Pengguna Lain

Cara FYP di TikTok berikutnya yakni berinteraksi dengan pengguna lain seperti followers akun Anda. Berikan like pada komentar mereka atau balas komentar tersebut. Ini akan memudahkan akun mengalami peningkatan engagement. 

10. Ketahui Waktu Prime Time TikTok

Prime time adalah saat pengguna TikTok banyak yang aktif membuka platform tersebut. Siang dan sore hari jadi prime time untuk mengunggah konten Anda. Lebih tepatnya, jam 12.00-13.00 WIB serta jam 16.00-17.00 WIB. 

Sedangkan, prime time untuk mengunggah video di malam hari adalah dari jam 19.00 WIB hingga 23.00 WIB. Pelajari Cara Terbaik Menentukan Jadwal Post TikTok di 2024 agar konten Anda tinggi engagement.

Setelah memahami cara agar konten Anda bisa FYP di TikTok, Anda dapat bekerja sama dengan Dreambox. Tim profesional kami akan mengoptimalkan strategi konten TikTok bisnis Anda agar cepat FYP dan menjangkau target audiens. Hubungi kami untuk informasi selengkapnya!

More Insights

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms