Contoh SEO yang Sukses dan Bagaimana Menerapkannya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
contoh-SEO-dreambox

SEO adalah salah satu jenis strategi digital marketing yang dampaknya tidak bisa dianggap remeh. Karena itu, memahami dan mengaplikasikan strategi SEO adalah kunci untuk meningkatkan visibilitas. Namun, tahukah seperti apa contoh SEO yang sukses?

Sebenarnya, ada banyak sekali contoh strategi SEO yang sukses, yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk pemasaran digital Anda di platform internet. Anda bisa mempelajari detail lengkapnya di sini.

Pengertian SEO

SEO (Search Engine Optimization) atau optimasi mesin pencari adalah serangkaian praktik yang dirancang untuk meningkatkan tampilan dan posisi halaman web dalam hasil pencarian organik, yaitu yang diperoleh tanpa menggunakan ads (iklan).

Dari segi cara optimasinya, SEO terdiri dari 3 jenis elemen utama, yaitu on-page, off-page, dan teknikal. Adapun dari segi komponen yang terlibat, SEO bisa terdiri atas beberapa elemen inti berikut ini:

  • Audiens
  • Intensi/niat pencarian (search intent)
  • Kata kunci (keyword)
  • Meta deskripsi
  • Konten
  • Tautan balik (backlink)
  • Arsitektur situs (struktur hierarki halaman web)
  • Kecepatan muat situs
  • Skema (data terstruktur untuk membantu mesin pencari memahami informasi halaman web)

Untuk informasi lebih lanjut, Pelajari Penjelasan Lengkap dan Contoh SEO di sini.

Lebih Dalam tentang SEO On-Page dan Off-Page

Secara umum, dua strategi SEO yang paling banyak diterapkan adalah SEO on-page dan off-page. Apa bedanya? Ini dia rincian lengkapnya:

1. Konsep & Teknik SEO On-Page

Pada dasarnya, SEO on-page adalah teknik optimasi yang diterapkan langsung pada website untuk meningkatkan kualitas dan relevansi konten agar dapat meraih peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian.

Ini mencakup berbagai aspek teknis dan konten yang dioptimalkan untuk mesin pencari dan pengguna, di antaranya yaitu:

  • Title tag: elemen HTML untuk menentukan judul halaman
  • Heading: judul dan sub judul konten, misalnya H1, H2, H3, H4, dan seterusnya
  • Struktur URL: rangkaian karakter huruf/angka yang menunjukkan alamat halaman web
  • Alt text: teks yang memberi informasi tambahan tentang gambar
  • Link internal: tautan ke halaman lain di web yang sama
  • Meta deskripsi: deskripsi singkat tentang isi halaman

2. Konsep & Teknik SEO Off-Page

Sebaliknya, SEO off-page adalah strategi optimasi mesin pencari yang melibatkan semua teknik di luar situs web untuk meningkatkan otoritas konten, biasanya melalui backlink dari situs lain.

Ada beberapa teknik yang umum dilakukan dalam SEO off-page, berikut beberapa di antaranya:

  • Backlink: tautan dari website lain ke situs Anda
  • Guest blog: berkolaborasi/menulis postingan di website lain sebagai blogger tamu
  • Local SEO: teknik menambahkan bisnis Anda ke daftar lokal, misalnya Google My Business

Contoh SEO On-Page yang Efektif

Berbeda dengan teknik off-page yang lebih berfokus membangun otoritas website dari faktor eksternal, on-page lebih menitikberatkan pada optimasi konten dan elemen teknis di dalam situs itu sendiri. Ini beberapa contoh strateginya yang efektif:

1. Optimasi Konten dengan Keyword yang Relevan

Keyword (kata kunci) adalah istilah pencarian yang digunakan pengguna untuk menemukan konten tertentu. Sebab, penempatan kata kunci yang tepat dapat meningkatkan relevansi halaman Anda di mata mesin pencari.

Contoh strategi SEO ini juga sangat mudah untuk diterapkan, Anda hanya perlu meletakkan kata kunci secara natural di elemen-elemen seperti judul, subjudul (heading), dan teks paragraf.

2. Penggunaan Title Tag dan Meta Description

Title tag adalah elemen HTML yang menunjukkan judul suatu halaman di hasil pencarian. Susunan title tag yang unik, deskriptif, dan mengandung kata kunci yang relevan bisa meningkatkan click-through rate.

Sementara itu, meta deskripsi yang muncul di bawah title tag berfungsi memberikan ringkasan singkat isi halaman. Semakin menarik judul dan deskripsinya, semakin besar kemungkinan audiens tertarik untuk mengklik.

Contoh SEO Off-Page yang Sukses

Kunci utama dari strategi SEO off-page yang sukses adalah dengan membangun backlink berkualitas sebanyak-banyaknya. Berikut beberapa contoh strategi yang bisa dicoba:

1. Link-building

Link-building adalah strategi mendapatkan backlink dari situs yang relevan dan otoritatif dalam bidang atau niche Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya menjadi penulis tamu di web lain, seperti yang disebutkan sebelumnya.

Namun selama konten Anda menarik dan berkualitas, sebenarnya kemungkinan untuk mendapatkan backlink dari web lain akan semakin besar. Hal ini karena artikel yang baik cenderung akan dikutip oleh lebih banyak orang.

2. Berpartisipasi di Platform Lain

Selain dari website atau blog lain, contoh SEO off-page lainnya adalah dengan berkontribusi di platform eksternal seperti Quora atau Medium. Misalnya, Anda bisa memberikan jawaban bermanfaat di Quora sambil menyisipkan link menuju website.

Begitu pula halnya dengan platform lain seperti Medium. Anda bisa menuliskan postingan yang menarik dengan mengutip tautan menuju website utama Anda. Bahkan, Anda juga bisa membagikan link melalui platform media sosial.

Tipe Bisnis yang Perlu Menggunakan SEO

Berikut adalah beberapa contoh bidang bisnis yang sangat memerlukan implementasi SEO untuk meningkatkan visibilitas dan daya saingnya secara digital:

1. Startup dan Usaha Kecil

Startup dan usaha kecil sering kali memiliki keterbatasan sumber daya dan anggaran pemasaran. Karena itu, SEO menjadi solusi yang efisien dan terjangkau untuk meningkatkan eksposur, terutama dalam konteks SEO lokal.

2. Perusahaan SaaS dan Layanan Online

Umumnya, perusahaan SaaS mengandalkan model bisnis yang skalabel dan terhubung secara eksklusif ke dunia digital. Itu sebabnya, SEO adalah strategi terbaik untuk menarik pengguna baru.

3. Perusahaan Niche

Perusahaan niche adalah ke perusahaan yang berfokus ke segmen atau pasar tertentu. Karena fokusnya lebih jelas, maka kata kunci yang bisa digunakan untuk SEO juga bisa lebih spesifik.

4. Perusahaan Lokal

Sesuai namanya, ini mengacu ke bisnis-bisnis yang beroperasi secara eksklusif di tingkat lokal. Dengan memanfaatkan kata kunci geografis untuk strategi SEO, jenis bisnis ini dapat meningkatkan visibilitasnya di pencarian lokal.

Studi Kasus SEO yang Berhasil

Bagaimana Cara Menggunakan SEO Secara Maksimal? Sebagai gambaran yang lebih jelas, berikut ini adalah beberapa contoh SEO yang berhasil menurut studi kasus dari Google Search Central:

1. Vidio

Sebagai salah satu layanan media over-the-top (OTT) terbesar di Indonesia, Vidio berhasil meningkatkan relevansi konten video-on-demand (VOD) lokal mereka melalui Google Search.

Salah satu langkah kunci yang mereka ambil adalah mengimplementasikan markup objek video dan menyediakan struktur URL yang stabil untuk memudahkan penemuan konten mereka di Google.

Hasilnya, Vidio berhasil memperoleh peningkatan impresi video hingga 3 kali lipat dan klik hampir 2 kali lipat di Google dalam waktu satu tahun setelah penerapan markup tersebut.

2. Rakuten

Rakuten merupakan salah satu perusahaan IT terbesar di Jepang yang menyediakan lebih dari 70 layanan, termasuk e-commerce, FinTech, dan banyak lagi.

Salah satu cara mereka meningkatkan efisiensi pencarian website Rakuten di Google adalah dengan memanfaatkan Google Search Console.

Dari optimasi tersebut, mereka berhasil meningkatkan trafik dari mesin pencari hingga 2,7 kali lipat, dan memperoleh peningkatan durasi per sesi kunjungan hingga 1,5 kali lipat.

Untuk mengikuti jejak kesuksesan dari studi kasus di atas, Anda bisa mulai menerapkan contoh SEO on-page maupun off-page di website bisnis Anda sendiri. Agar hasilnya lebih maksimal, layanan SEO dari Dreambox siap membantu. Hubungi kami untuk berkonsultasi.

More Insights

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms