Cara Kerja SEO dan Pentingnya untuk Bisnis Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
cara-kerja-seo-dreambox

Saat ini, SEO memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia bisnis. Cara kerja SEO dapat membantu meningkatkan visibilitas website bisnis di mesin pencari. Tentunya, ini dapat membantu meningkatkan konversi seperti leads, transaksi, dan purchase pada bisnis Anda.

Dengan memanfaatkan teknik SEO, Anda dapat meningkatkan trafik situs web dan menjangkau lebih banyak audiens. Oleh karena itu, sangat penting bagi suatu bisnis memanfaatkan teknik yang satu ini. Untuk mengenalinya lebih lanjut, mari simak informasi berikut ini!

Pengertian SEO

SEO atau Search Engine Optimization, merupakan serangkaian beberapa teknik serta strategi yang dipakai untuk meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. 

Tujuan utama dari SEO adalah untuk menempatkan situs web tersebut di halaman pertama hasil pencarian (SERP – Search Engine Results Page) pada kata kunci yang relevan. 

Dengan berada di posisi teratas, situs web tersebut diharapkan dapat menarik lebih banyak pengunjung, meningkatkan trafik organik, dan pada akhirnya meningkatkan konversi atau penjualan. Cara kerja SEO akan berfokus pada kata kunci yang dicari oleh user. Oleh karena itu, teknik ini bisa membantu bisnis menemukan target audiens yang tepat. 

Cara Kerja SEO

Seperti yang diketahui, mesin pencari akan membantu pengguna untuk menemukan sesuatu yang mereka cari melalui sebuah kata kunci. Oleh karena itu, kata kunci memiliki peranan yang sangat penting dalam strategi SEO. Lalu, bagaimana cara kerja SEO? Berikut informasinya!

1. Crawling

Crawling adalah proses ketika mesin pencari mengirimkan “crawlers” atau “spiders” untuk menemukan halaman web di internet. Crawlers ini adalah program otomatis yang mengunjungi halaman web satu per satu, mengikuti tautan dari satu halaman ke halaman lainnya. 

Mereka mengumpulkan data tentang konten dan struktur halaman web, yang kemudian digunakan untuk memahami isi situs tersebut. Crawlers akan memeriksa elemen-elemen seperti teks, gambar, video, dan metadata untuk memastikan bahwa halaman tersebut dapat diindeks dengan benar.

2. Indexing

Setelah halaman web ditemukan oleh crawlers, langkah berikutnya adalah indexing. Dalam proses ini, informasi yang dikumpulkan selama crawling disimpan dan diorganisir dalam basis data besar. 

Mesin pencari akan mengindeks konten halaman, termasuk kata kunci, meta deskripsi, tag heading, dan elemen penting lainnya yang membantu menentukan relevansi halaman tersebut terhadap pencarian kata kunci tertentu. Halaman yang belum terindeks, tidak akan muncul dalam mesin pencari.

3. Processing

Processing terjadi ketika pengguna memasukkan kueri pencarian ke mesin pencari. Mesin pencari akan memproses kueri ini dengan mencocokkan kata kunci yang diketikkan pengguna dengan situs web yang sudah terindeks. 

Pada tahap cara kerja SEO ini, mesin pencari mencoba memahami maksud di balik kueri pencarian dan mencari halaman yang paling relevan dengan permintaan tersebut.

4. Calculating Relevancy

Calculating relevancy adalah langkah ketika mesin pencari menentukan seberapa relevan setiap halaman web yang diindeks terhadap kueri pencarian yang dimasukkan oleh pengguna. 

Mesin pencari akan membandingkan setiap halaman yang sudah terindeks dengan kata kunci yang diminta oleh pengguna. Situs web yang memiliki konten paling relevan dengan kata kunci tersebut, kemungkinan besar akan tampil di posisi teratas pada hasil pencarian.

5. Retrieval

Cara kerja SEO yang satu ini yaitu mesin pencari akan menampilkan halaman situs web yang paling relevan dengan pencarian pengguna. Perlu diketahui bahwa setiap search engine memiliki algoritma yang berbeda dalam menentukan halaman mana yang akan ditampilkan pada halaman pertama.

Oleh karena itu, hasil pencarian yang ditampilkan mungkin akan berbeda. Walaupun kata kunci yang digunakan sama. 

6. Ranking

Mesin pencari tidak sembarang dalam menentukan posisi peringkat hasil pencarian. Teknologi ini akan melalui serangkaian proses di atas sebelum memutuskan halaman mana yang akan ditampilkan.

Tujuannya yaitu agar halaman yang ditampilkan sesuai dengan permintaan pengguna berdasarkan kata kunci yang mereka gunakan. Hal ini sangat berkaitan erat dengan cara kerja SEO sehingga semakin relevan suatu halaman web, semakin besar pula kemungkinan bisa tampil di rangking teratas.

Manfaat SEO untuk Bisnis

Berdasarkan cara kerjanya, tentu search engine memiliki beberapa manfaat untuk bisnis. Adapun manfaatnya yaitu sebagai berikut:

1. Meningkatkan Trafik

Salah satu manfaat paling jelas dari SEO adalah peningkatan trafik ke situs web Anda. Dengan mengoptimalkan cara kerja SEO on page yaitu menggunakan kata kunci yang relevan, situs web memiliki peluang lebih besar untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian. 

2. Relevansi Target

SEO memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens yang tepat dengan konten yang tepat. Dengan menggunakan kata kunci yang sesuai dengan produk atau layanan bisnis, Anda dapat menarik pengunjung yang benar-benar tertarik dengan apa yang ditawarkan. 

Hal ini tidak hanya meningkatkan kemungkinan konversi, tetapi juga memastikan bahwa trafik yang datang ke situs Anda adalah trafik yang berkualitas dan relevan.

3. Meningkatkan Kredibilitas

Website yang muncul pada halaman pertama hasil pencarian banyak dianggap lebih kredibel oleh pengguna. Dengan menerapkan strategi SEO yang efektif, Anda dapat membangun kredibilitas dan kepercayaan di mata calon pelanggan.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Selain meningkatkan trafik dan kredibilitas, SEO juga membantu meningkatkan brand awareness. Semakin sering orang melihat nama dan logo Anda, semakin besar kemungkinan mereka mengingat dan mengenali merek Anda di masa mendatang.

Selain itu, pada saat situs web tampil di posisi teratas, bukan hal yang tidak mungkin pengguna akan mampir ke situs tersebut. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bisnis Anda. 

5. Promosi Bisnis

SEO adalah salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis Anda secara online. Anda bisa membuat iklan tanpa biaya selama 24 jam secara gratis hanya dengan memanfaatkan teknik SEO. Dalam hal ini, Anda perlu memaksimalkan cara kerja SEO off page dan on page pada situs web.

Studi Kasus SEO yang Sukses

Melihat pentingnya SEO untuk bisnis, saat ini ada banyak brand yang menggunakan teknik SEO. Beberapa contoh di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Jenius BTPN

Jenius BTPN merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh bank BTPN. Bank ini telah menggunakan berbagai strategi digital marketing untuk mengenalkan layanan perbankan mereka, salah satunya yaitu SEO. 

Layanan ini menggunakan strategi SEO untuk mempromosikan produknya di mesin pencari Google. Bila Anda mengetik kata kunci bank digital di Google, banyak artikel dari Jenius BTPN yang akan bermunculan di sana. 

2. Sephora

Sephora merupakan salah satu platform ritel produk kecantikan yang cukup terkenal di Indonesia. Platform ini juga menggunakan strategi SEO dalam mempromosikan layanan yang mereka tawarkan. 

Tidak hanya di Indonesia, platform ini juga berkembang di beberapa negara lainnya seperti Amerika, Eropa, negara di Timur Tengah, dan masih banyak lagi. 

Pada saat Anda mencoba mengetik suatu kata kunci terkait kecantikan di Google, Anda akan menemukan banyak artikel dari Sephora. Hal ini dapat membantu meningkatkan brand awareness pada situs web tersebut. 

Dari informasi di atas dapat diketahui bahwa menerapkan teknik SEO yang efektif dapat mengarahkan pengguna untuk lebih mengenali bisnis Anda. Ketahui juga bagaimana cara kerja SEO dan bagaimana perbedaannya dengan SEM

Ingin mengoptimalkan SEO untuk bisnis? Anda bisa mengandalkan layanan SEO dari Dreambox. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

More Insights

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms