Strategi Iklan Online yang Efektif untuk Bisnis

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
Iklan-Online-dreambox

Iklan online atau iklan digital termasuk salah satu metode pemasaran paling efektif untuk mengembangkan bisnis. Melalui iklan secara daring tersebut, bisnis Anda bisa memperluas jangkauannya, mendapatkan pelanggan baru, hingga mendiversifikasi sumber penghasilannya.

Oleh karena itu, iklan digital esensial dalam dunia bisnis. Mari ketahui berbagai tips untuk menyusun strategi iklan digital secara efektif melalui pembahasan di bawah ini!

Pengertian Iklan Online

Iklan digital atau online adalah teknik memasarkan bisnis menggunakan teknologi internet. Melalui sarana internet, bisnis bisa menyampaikan pesan pemasaran kepada audiens yang menjadi target pasarnya. 

Contoh jenis iklan digital yang umum digunakan oleh para pebisnis mulai dari iklan media sosial, iklan display, hingga iklan di mesin pencarian seperti Google. 

Melalui berbagai saluran tersebut, bisnis Anda lebih mudah mendapatkan traffic yang terhubung dengan target pasar. Ini mengingat kecanggihan iklan digital dalam menargetkan aspek spesifik seperti demografi hingga minat audiens saat meluncurkan iklan. 

Jadi, memahami cara membuat iklan digital akan sangat membantu Anda mengembangkan bisnis lebih cepat sehingga meningkatkan penjualannya.

Jenis-Jenis Iklan Online

Terdapat berbagai jenis iklan digital yang bisa Anda terapkan pada secara efektif agar bisnis lebih berkembang dan bisa berekspansi, yaitu:

1. Iklan Media Sosial

Apabila Anda ingin mulai mengiklankan bisnis dengan budget kecil terlebih dahulu, maka iklan media sosial bisa Anda coba. Tersedia berbagai platform media sosial dengan audiens besar di dalamnya, seperti Instagram, TikTok, Facebook, hingga X (Twitter). 

Bentuk iklan dapat berupa gambar, video, hingga audiovisual. Melalui media sosial, Anda dapat menjangkau target audiens yang sangat spesifik. Sebab, terdapat fitur targeting pada media sosial, Ini memudahkan Anda menentukan kriteria audiens yang relevan dengan bisnis. 

Lalu, jumlah pengguna aktif bulanan media sosial piun mencapai miliaran. Maka dari itu, menginvestasikan budget untuk belajar cara membuat iklan online terbaik di berbagai platform tersebut patut Anda coba. Jadi, bisnis bisa menghasilkan konversi yang menguntungkan. 

2. Iklan Pencarian Berbayar

Selanjutnya, terdapat iklan pencarian berbayar yang memanfaatkan fitur pencarian atau penelusuran pada mesin pencari seperti Google. Iklan Google atau Google Ads yang banyak diterapkan adalah model Pay-per-Click (PPC). Anda membayar sesuai jumlah klik iklan oleh audiens yang melihatnya.

Untuk memastikan PPC efektif, utamakan penargetan kata kunci (keyword) yang relevan dengan bisnis Anda dan banyak dicari pengguna Google. Saat iklan terpasang, maka letaknya berada pada urutan teratas sebelum hasil pencarian organik kata kunci tersebut.  

Ini tentu menguntungkan dan membantu bisnis Anda menghasilkan konversi lebih cepat. Terutama jika mengingat jumlah kueri penelusuran di Google melebihi 90 ribu kueri per detik.

3. Iklan Native

Cara membuat iklan online yang satu ini adalah melalui kerja sama atau kolaborasi berbayar dengan media maupun platform online. Misalnya, media seperti IDN Times, Kompas, dan Detik.

Iklan disebut native atau asli karena format iklan menyesuaikan layout dari media yang menjadi platform beriklan. Umumnya, iklan akan ditayangkan menyerupai konten pada media tersebut. 

Lebih jelasnya, sifat iklan lebih tersamarkan karena menyerupai dan menyatu dengan kontennya. Contohnya, mempromosikan produk terbaru melalui artikel yang relevan dengan produk tersebut. 

Iklan native juga tidak berisiko mengganggu audiens mengingat tampilannya yang menyesuaikan media beriklan. 

4. Iklan Display  

Satu lagi iklan berbasis internet yang umum digunakan, yaitu iklan display yang mengutamakan visual untuk menarik audiens potensial. Iklan ini bisa Anda coba jika ingin meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) atau eksposur bisnis.

Format iklan biasanya meliputi kombinasi dari teks hingga gambar seperti animasi. Lalu, visual tersebut akan dimuat sebagai banner, flash ad, popup ad, hingga landing page pada blog atau website. 

Jenis iklan display banyak dipilih karena pengiklan bisa menampilkan iklannya pada berbagai halaman website yang cocok dan relevan. Selain itu, harga iklan ini relatif terjangkau dari jenis lainnya.  

Tips Membuat Iklan Online yang Efektif

Selain memahami cara membuat iklan digital atau online, pahami juga lima tips efektif dalam membuat iklan digital berikut ini:

1. Identifikasi Produk dan Riset Pasar

Untuk memahami daya jual produk, penting untuk mengidentifikasi produknya terlebih dahulu. Lakukan analisis SWOT, yang mempelajari Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunities (Peluang), serta Threats (Ancaman) dari produk tersebut. 

Hasil analisis dapat meningkatkan efektivitas strategi pemasaran produk bisnis Anda. Kemudian, lakukan riset pasar dengan meneliti berbagai aspek. Misalnya, siapa target bisnis, usianya, minatnya, hingga platform favoritnya. 

Lalu, Anda bisa riset aktivitas iklan dari kompetitor untuk mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan iklannya. Jadi, Anda dapat muncul dengan ide inovatif yang unik dan berbeda. 

2. Tentukan Tujuan Beriklan

Tujuan iklan perlu ditentukan agar memudahkan Anda mengukur kesuksesan iklan baik saat maupun sesudah penayangannya. Metode SMART kerap digunakan agar menentukan tujuan beriklan lebih efisien. 

Contoh tujuan beriklan dapat berupa brand awareness, meningkatkan konversi, hingga mempromosikan produk baru.

3. Pilih Platform Paling Ideal

Anda telah mengidentifikasi produk, riset pasar, hingga menentukan tujuan. Dampak positifnya Anda menjadi lebih mudah memilih platform ideal untuk beriklan. 

Platform iklan juga bisa Anda sesuaikan dengan tren terkini. Misalnya, jenis iklan media sosial yang semula menjadi tren bisa saja digantikan oleh Google Ads. Jadi, tetap perhatikan faktor tersebut agar iklan lebih efektif.

4. Tetapkan Budget dengan Terarah

Return on Investment (ROI) akan lebih mudah diproyeksikan dengan budget yang terarah. Jika memiliki budget terbatas, pastikan mengoptimalkannya pada jenis iklan paling menguntungkan agar tujuan iklan tercapai. 

Bila budget cukup besar, maka Anda bisa memaksimalkan pengiklanan pada berbagai platform. Ini akan membantu bisnis menemukan metode promosi paling efektif dalam mencapai target dan mendapatkan keuntungan.  

5. Utamakan CTA yang Tepat dan Kreatif

Call-to-Action menjadi cara menyampaikan pesan kepada audiens. Pastikan CTA tersebut tepat sesuai tujuan iklan. Bisa mengunjungi website, membeli produk, hingga mengikuti akun media sosial. 

Pastikan juga CTA kreatif dan persuasif, sehingga audiens tertarik melakukan aksi yang diminta tanpa merasa terpaksa. Selipkan juga elemen visual untuk mendukung estetika iklan. 

Studi Kasus Iklan Online yang Sukses

Salah satu contoh iklan berbasis online yang sukses besar berasal dari Metro Trains Melbourne. Campaign iklan tersebut bernama ‘Dumb Ways to Die’, yang awalnya ditujukan sebagai Pengumuman Layanan Publik. 

Iklan ditayangkan di platform media sosial berupa Youtube pada tahun 2012. Bentuk iklan adalah video animasi yang penuh karakter unik dilengkapi lagunya yang catchy. Iklan ini sendiri mempromosikan keselamatan kereta api. 

Namun, keunikan cara penyampaian pesan pada iklan membuatnya viral di media sosial. Video Youtube iklannya telah ditonton lebih dari 334 juta kali. Tidak hanya itu, ‘Dumb Ways to Die’ juga dibuat menjadi game yang sukses diunduh ratusan juta kali. Metro Trains Melbourne pun berhasil meningkatkan visibilitas sekaligus konversi melalui iklan tersebut. 

Bila Anda ingin membuat iklan online yang viral seperti ‘Dumb Ways to Die’, gunakan layanan Digital Marketing Campaign dari Dreambox! Tim kami ahli dan profesional dalam mempromosikan bisnis Anda secara digital. Jadi, hubungi kami sekarang untuk konsultasi lebih detail!

More Insights

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms