-
Setiap pemilik bisnis tentunya sudah tidak bisa mengabaikan digital branding.
- 10 Manfaat Digital Branding untuk Bisnis
- 1. Meningkatkan Awareness Pasar
- 2. Mudah Mencapai Target Pasar
- 3. Lebih Dekat dengan Konsumen
- 4. Mampu Membaca Perilaku Konsumen
- 5. Membangun Brand Image Lebih Cepat
- 6. Biaya Operasional Lebih Murah
- 7. Tools Lengkap untuk Digital Branding
- 8. Bisa Melihat Kinerja Strategi Branding
- 9. Bersaing dengan Kompetitor
- 10. Penjualan Meningkat
Setiap pemilik bisnis tentunya sudah tidak bisa mengabaikan digital branding.
Mengingat pesatnya perkembangan teknologi informasi serta diminatinya sosial media oleh masyarakat membuat digital branding penting untuk diketahui. Meskipun demikian belum banyak yang menyadari manfaatnya. Beberapa brand, terutama yang masih baru cenderung belum mengoptimalkannya, mulai dari membuat bio hingga desain postingannya. Padahal di era teknologi informasi ini, kecepatan serta konsistensi eksis di sosial media cukup berpengaruh signifikan.
Baca Juga: Jenis – jenis Merek yang Mungkin Jarang Anda Ketahui Berikut Diantaranya
10 Manfaat Digital Branding untuk Bisnis
Melihat peluang bahwa 70% dari seluruh penduduk Indonesia adalah pengguna aktif sosial media, tentunya menggunakan strategi branding berbasis digital memberikan banyak manfaat. Mulai dari meningkatkan awareness hingga penjualan.
1. Meningkatkan Awareness Pasar
Kecepatan menyebarkan informasi bahkan memanfaatkan ads agar muncul di halaman pengguna, tentunya memudahkan orang lain mengetahui produk Anda. Terlebih apabila memanfaatkan influencer terkenal serta berpengaruh.
2. Mudah Mencapai Target Pasar
Setiap brand tentunya memiliki target pasar tersendiri, apabila salah memilih target pasar tentunya cukup menghabiskan banyak sumber daya. Menggunakan platform digital akan semakin mudah menemukan serta mengategorikan calon pasarnya.
3. Lebih Dekat dengan Konsumen
Keunggulan media sosial dibandingkan dengan website dalam branding digital adalah kemudahan dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Pelanggan bisa meninggalkan pesannya melalui kolom komentar atau menghubungi melalui kontak pada halaman profil. Membuat konten interaktif juga mampu mendekatkan dengan konsumen, seperti mengadakan polling atau mengajukan challange. Keterlibatan konsumen tersebut membuatnya semakin mengenal brandnya, serta loyalitasnya juga akan meningkat.
4. Mampu Membaca Perilaku Konsumen
Adanya fitur insight membuat setiap pemilik bisnis yang menggunakan platform digital mampu membaca perilaku konsumennya. Mulai dari melihat kecenderungan ketertarikannya, membaca keinginannya, serta memahami kecenderungannya ketika berbelanja.
5. Membangun Brand Image Lebih Cepat
Memanfaatkan influencer atau model untuk menggunakan produk serta memberikan testimoni tentunya sangat efektif dalam membangun citra brandnya. Selain dianggap lebih otentik, citra yang dibangun juga sangat baik.
6. Biaya Operasional Lebih Murah
Biaya memanfaatkan platform digital sangat murah sekali, mulai dari gratis dengan menggunakan teknik organik ataupun berbayar, menggunakan ads. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahannya, tinggal menyusun strateginya agar lebih optimal.
7. Tools Lengkap untuk Digital Branding
kini berbagai platform mulai menyempurnakan toolsnya, mulai dari membuat alat analitic lebih tajam, mengembangkan algoritma agar membantu pebisnis, atau bahkan memberikan fasilitas store. Sehingga proses branding semakin lebih mudah.
8. Bisa Melihat Kinerja Strategi Branding
Mengetahui apakah strategi brandingnya berhasil tentunya menjadi sangat penting. Selain sebagai bahan evaluasi maupun patokan menyusun strategi baru. Tools analytic tersebut ada yang tersedia gratis maupun berbayar, tinggal memilih sesuai kebutuhan.
9. Bersaing dengan Kompetitor
Persaingan dengan kompetitor merupakan sebuah hal yang tidak bisa dihindari. Namun dengan menggunakan sosial media, bisa memungkinkan untuk lebih bersaing. Keterampilan mampu menaikkan brand image sehingga lebih bersaing. Selain itu juga memungkinkan melihat kinerja dari kompetitornya dengan mudah. Melihat konsistensi postingannya, mempelajari cara memasarkan produknya, serta menyusun strategi baru agar tidak kalah dengan strategi kompetitornya.
10. Penjualan Meningkat
Salah satu kepastian dari semakin terkenalnya sebuah brand pada pelanggan, tentunya adanya peningkatan penjualan. Kemungkinan akan sedikit sulit menjual di awal, karena membangun kepercayaan di medsos cenderung bertahap. Pengaruh perkembangan digital terhadap strategi branding kini mulai terasa. Memperkenalkan produk tidak lagi terbatas pada media cetak atau Televisi, tetapi juga bisa dilakukan secara mudah melalui sosial media.
Baca Juga: 7 Warna Branding Logo yang Membuat Bisnis Anda Mudah Diingat
Tidak perlu biaya banyak, bahkan bisa membangun secara organik dengan memanfaatkan tools – tools yang telah tersedia. Digital branding memiliki peluang serta manfaat besar bagi bisnis, jangan sampai Anda melewatkannya. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!