Pelajari Customer Relation, kunci bisnis sukses
Pelanggan adalah roda utama setiap bisnis, apa pun bidangnya. Oleh sebab itu, menjaga hubungan baik dengan pembeli Anda harus menjadi prioritas utama dalam strategi bisnis. Customer relation, atau customer relationship yang baik akan menghasilkan keuntungan jangka panjang, baik dari segi finansial maupun engagement.
Apa itu customer relation dan bagaimana cara membinanya dengan baik? Mari kita pelajari di artikel ini.
Pengertian Customer Relationship
Pengertian customer relationship sangat berkaitan erat dengan customer retention, atau strategi untuk mempertahankan pelanggan setia.
Singkatnya, customer relation adalah metode yang diambil sebuah perusahaan demi menjalin hubungan positif dengan pembeli mereka. Hubungan positif tersebut bermula dari pengalaman baik yang diharapkan akan memberi pelanggan alasan untuk tidak melirik brand pesaing.
Namun, customer relation tidak hanya mencakup layanan bagi pembeli. Proses membangun customer relationship melibatkan berbagai bidang, mulai dari pemasaran hingga operasional. Jika diringkas, customer relation yang baik berakar dari pelayanan yang baik dan dipupuk dengan kemudahan serta efisiensi dalam menemukan apa yang diinginkan pelanggan.
Pentingnya Membangun Customer Relation yang Baik
Dewasa ini, customer relation menjadi prioritas terpenting bagi banyak brand terkenal. Tidak mengherankan, karena semua pembeli mendapatkan kesan pertama tentang sebuah perusahaan melalui pelayanan yang mereka terima.
Oleh sebab itu, tim layanan pelanggan atau customer service menjadi pejuang garis depan bagi setiap bisnis. Perasaan yang tercipta dari interaksi antara pelanggan dan customer service akan menentukan sentimen mereka, terutama apakah mereka ingin tetap berhubungan dengan perusahaan Anda.
Maka dari itu, menjalin relasi yang erat dan sehat dengan pelanggan akan memberi mereka alasan untuk tetap membeli atau menggunakan jasa/produk Anda. Pada akhirnya, keuntungan dan pertumbuhan perusahaan Anda akan lebih terjamin.
Fungsi Utama Customer Relation untuk Perusahaan
Setelah mengetahui pengertian customer relationship dan mengapa aspek ini penting bagi bisnis Anda, mungkin akan muncul beberapa pertanyaan di kepala Anda mengenai keuntungan yang bisa didapatkan dari membangun customer relation yang baik. Poin-poin ini akan menjawab pertanyaan Anda.
1. Meningkatkan penjualan
Dengan mengenal pelanggan lebih jauh, Anda dapat mengetahui apa yang mereka butuhkan. Setiap bisnis ada untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh pembeli. Jika Anda berfokus pada pemenuhan solusi tersebut, sangat besar kemungkinan pelanggan Anda akan rela mengeluarkan uang lebih untuk mempermudah hidup mereka. Tentunya, ini berdampak baik bagi penjualan Anda.
Oleh karena itu, customer relation memberi Anda kesempatan menelusuri sebagian kehidupan pembeli dan menghasilkan keuntungan dari sana.
2. Memperbesar peluang
Menjalin relasi dengan customer yang baik tentunya memberi Anda banyak wawasan tentang berbagai masalah yang dialami oleh pelanggan. Jika Anda tidak mampu menyelesaikan masalah lain yang dialami oleh pembeli, tidak perlu takut. Anda dapat menjadikan hal tersebut sebagai sumber inovasi terbaru bagi bisnis Anda.
Singkatnya, customer relation yang kuat akan memberi Anda lebih banyak peluang untuk terobosan baru dan mengetahui tren yang sedang berjalan.
3. Menekan biaya
Para ahli bisnis sepakat bahwa biaya untuk mempertahankan pelanggan setia lebih murah sebanyak 6 hingga 7 kali lipat dibandingkan dengan menarik pembeli baru. Dengan mempertahankan customer relation yang baik, Anda bisa menjadikan pembeli setia sebagai brand ambassador.
Selain itu, menjalin hubungan yang positif dengan pelanggan akan memberi Anda lebih banyak data untuk menganalisis pasar. Data yang banyak dan berkualitas akan menghasilkan wawasan yang akurat, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak biaya untuk asesmen dari luar.
4. Meningkatkan kepuasan pelanggan
Pelanggan merasa puas ketika produk atau jasa yang digunakan bisa memenuhi kebutuhan mereka. Selain dari meningkatkan kualitas jasa atau produk yang Anda tawarkan, serta menjadi aspek penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.
Melalui customer relation yang baik, Anda bisa memahami masalah pelanggan dengan lebih mendalam untuk menciptakan solusi yang lebih personal. Dengan begitu, pelanggan dapat melihat dan merasakan keseriusan Anda dalam menyelesaikan masalah mereka. Tentunya, hal ini akan berujung pada peningkatan kepuasan pelanggan.
5. Meningkatkan fleksibilitas
Akan ada masanya bisnis Anda berkembang, dan Anda pun akan memiliki lebih banyak pelanggan untuk dilayani.
Beriringan dengan kemajuan internet yang membuat segalanya serba instan, pelanggan Anda pun juga mengharapkan pelayanan yang lebih cepat dan efisien. Otomatisasi dapat membantu Anda lebih fokus pada pembinaan customer relation karena tugas-tugas administratif yang berulang dapat diselesaikan secara cerdas oleh software khusus.
Perbedaan Customer Relation dan Customer Service
Walaupun pengertian customer relationship dan customer service sekilas terkesan sama, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Customer service adalah bagian dari payung customer relation karena inilah interaksi pertama yang dihadapi calon pembeli saat menemukan bisnis Anda. Oleh sebab itu juga, customer service lebih berfokus pada layanan inbound yang reaktif, yakni memecahkan masalah hanya pada saat ada pelanggan yang mengontak Anda.
Di sisi lain, customer relation tidak hanya berfokus pada meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang ada. Tugasnya mencakup pendekatan dengan pembeli atau klien baru. Dengan demikian, mereka akan memulai komunikasi terlebih dahulu untuk menanyakan kabar pembeli dengan produk yang mereka punya atau mengabari informasi terbaru.
Cara Membangun Customer Relation
Bagaimanakah cara membina customer relation yang baik untuk bisnis Anda? Mulailah dengan keempat langkah berikut dan sesuaikan rinciannya dengan usaha Anda.
1. Pahami customer value
Bisnis tidak dapat bertahan tanpa pelanggan. Karena itu, Anda harus mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan pembeli Anda dan apa yang harus ada dalam pelayanan bagi mereka. Sebagai contoh, jika pelanggan Anda lebih suka interaksi yang langsung ke intinya, sebaiknya Anda juga menyesuaikan komunikasi brand Anda dengan apa yang mereka inginkan.
2. Bangun komunikasi yang konsisten
Customer relation Anda tidak akan berkembang tanpa komunikasi secara berkala. Mendapatkan pelanggan baru memang penting, tetapi pembeli lama jangan dilupakan. Jagalah customer relation dengan memulai interaksi terlebih dahulu sesering mungkin.
Misalnya, Anda bisa mengirimkan ucapan selamat ulang tahun atau hari besar lain yang dirayakan oleh pelanggan Anda. Mereka akan merasakan bahwa Anda peduli dengan hubungan tersebut.
3. Tunjukkan kepedulian pada pelanggan
Dalam komunikasi sehari-hari pun, ketulusan menjadi elemen yang tidak terpisahkan untuk hubungan baik. Customer relation dalam konteks bisnis juga tidaklah berbeda jauh. Tunjukkan bahwa Anda peduli terhadap masalah maupun ketertarikan pelanggan. Pastikan tindakan Anda selaras dengan janji yang diberikan.
Gestur apresiasi juga menunjukkan rasa peduli pada pelanggan. Sebagai contoh, Anda dapat memberi pelanggan setia yang sering memesan produk dari Anda sebuah hadiah, akses ke acara eksklusif, atau bahkan kupon diskon.
4. Tangani feedback negatif dengan baik
Ada kalanya pembeli tidak merasa senang dengan produk atau jasa Anda, sehingga mereka memberi penilaian negatif. Namun, anggaplah itu sebagai wawasan untuk membantu meningkatkan produk atau proses bisnis Anda.
Menangani feedback negatif dengan empati juga merupakan salah satu rahasia di balik customer relation yang kuat. Jika pelanggan menyukai upaya yang Anda berikan, tidak menutup kemungkinan mereka akan berbisnis lagi dengan brand Anda.
Itu dia penjelasan lengkap mengenai pengertian customer relationship, fungsi utama, hingga cara membangunnya. Saat Anda baru saja membuka bisnis, membangun customer relation mungkin masih menjadi hal yang membingungkan. Jika demikian, jangan ragu-ragu meminta bantuan dari tim Dreambox. Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan layanan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia Branding? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!