Apa hubungan branding, design, logo dalam sebuah bisnis?
Branding, design, logo merupakan 3 elemen penting yang harus diperhatikan jika ingin mencapai keberhasilan bisnis. Pelanggan memiliki kecenderungan untuk memilih produk maupun jasa yang telah mereka kenali mereknya.
Merek atau brand dapat memiliki kesan kuat di benak masyarakat apabila dibangun dan dikembangkan dengan perencanaan yang strategis.
Ketika membicarakan smartphone eksklusif, mungkin yang terpikirkan di benak banyak orang adalah brand berlogo apel tergigit yang identik dengan desain elegan dan minimalis
Asosiasi tersebut dapat tercipta berkat kualitas manajemen merek yang mumpuni. Untuk itu, Anda perlu memahami pentingnya branding serta hubungannya dengan logo dan desain yang sangat erat kaitannya.
Baca Juga: Memilih Jasa Promosi Produk Jakarta yang Tepat? Begini Caranya
Hubungan Branding, Design, Logo dalam Bisnis
Brand dapat dipahami sebagai kumpulan atribut yang melekat pada sebuah bisnis yang menjadi identitas bisnis tersebut, baik berupa atribut yang berwujud maupun tidak berwujud. Makna brand bukan hanya sekadar nama perusahaan.
Brand juga meliputi identitas perusahaan yang mencakup logo, warna, tagline, karakteristik, emosi, pemahaman logis, performa, dan janji dari sebuah produk maupun jasa. Untuk memiliki brand yang kuat, perusahaan perlu melakukan branding.
Branding yaitu tindakan menciptakan sebuah merek. Ini tentang bagaimana perusahaan mengkomunikasikan pesan kepada pelanggan dengan efektif. Jika dilakukan dengan baik, pelanggan akan memiliki kesan yang kuat terhadap brand sehingga membentuk loyalitas.
Branding, design, logo memiliki hubungan keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan. Dalam membangun merek, Anda memerlukan logo dan desain yang sesuai untuk merepresentasikan merek agar pesan perusahaan sampai kepada audiens.
Selain nama, logo dapat bertindak sebagai identitas merek yang memudahkan audiens mengenali produk maupun jasa Anda. Bahkan, logo seringkali menjadi identitas yang paling banyak memberikan dampak kepada brand.
Nike sangat dikenal dengan logo swoosh-nya. Di manapun orang melihat logo swoosh atau bahkan gambar yang menyerupai, besar kemungkinan mereka langsung teringat merek sepatu tersebut.
Untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness), Anda juga memerlukan desain grafis yang menakjubkan. Dengan demikian, branding, design, logo menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisah-pisahkan jika Anda menginginkan kesuksesan pemasaran.
Desain bukan hanya tentang kreativitas dan estetika grafis. Melainkan harus menyampaikan pesan yang konsisten dan selaras dengan karakter brand yang dituangkan melalui elemen grafis seperti warna, tulisan, bentuk, dan lain-lain.
Baca Juga: Bagaimana Cara Menciptakan Ekuitas Merek?
Mana yang Perlu Anda Tetapkan Terlebih Dahulu?
Hubungan yang terkait erat membuat branding, design, logo sama-sama memiliki peran penting untuk pengembangan bisnis. Lantas, mana yang perlu didahulukan? Pertama, Anda perlu memulainya dengan menentukan konsep branding.
Brand adalah identitas produk atau jasa yang membedakan perusahaan dari kompetitor. Untuk mencapai branding yang sukses, Anda perlu menetapkan konsepnya secara terencana dan terukur agar memperoleh hasil terbaik.
Untuk mencapai keberhasilan branding, Anda bisa memulainya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
- Bagaimana menentukan positioning di pasar
- Bagaimana menciptakan identitas merek
- Bagaimana perusahaan mengkomunikasikan pesan
- Bagaimana perusahaan menetapkan standar
Mengenai pentingnya branding, design, logo perusahaan, ketiganya sangat vital untuk mendongkrak popularitas merek. Di samping itu, branding juga memberikan dampak seperti:
- Meningkatkan nilai jual produk maupun jasa
- Meningkatkan kepercayaan konsumen
- Mempermudah promosi produk
- Meningkatkan nilai bisnis perusahaan
- Membentuk loyalitas pelanggan
Baca Juga: 8 Alasan Branding Strategy Memberikan Keuntungan Jangka Panjang
Elemen-Elemen dalam Branding
Keberhasilan proses menciptakan merek ditentukan oleh seberapa baik kualitas elemen-elemen penunjangnya. Adapun elemen-elemen yang dimaksud antara lain:
- Nama merek, yaitu kata yang dipilih untuk mengidentifikasi produk, layanan, bisnis, atau konsep yang dipakai perusahaan.
- Logo, merupakan bagian dari merek dagang visual perusahaan. Untuk memahami hubungan branding, design, logo, ini adalah desain visual yang diciptakan untuk mengidentifikasi merek sehingga menjadi pembeda dari brand lainnya.
- Tagline, istilah ini juga akrab disebut slogan. Slogan adalah pesan singkat yang informatif untuk mewakili merek. Tagline biasanya dibuat dalam kalimat atau frasa pendek agar mudah diingat. Misalnya slogan ‘Jagonya Ayam’ milik KFC.
- Grafik, merupakan elemen visual yang membantu brand mudah dikenali audiens. Misalnya elemen warna atau simbol.
- Tipografi, dalam branding, design, logo, tipografi adalah elemen branding berupa gaya penulisan yang khas.
- Tone of voice, adalah nada suara yang dipakai secara konsisten untuk mewakili merek. Dengan nada suara yang konsisten, pelanggan mendapatkan pengalaman berkesan sehingga mereka bisa mengingatnya secara mudah dan spesifik.
Membangun Design untuk Brand
Membuat desain bukanlah perkara mudah. Dalam menciptakan design berkualitas, Anda perlu memasukkan elemen-elemen visual yang tidak hanya indah dilihat namun juga memiliki makna filosofis sebagai representasi perusahaan.
Ketika membicarakan branding, design, logo khususnya design, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Membangun konsistensi ke dalam desain adalah gagasan brilian yang perlu diterapkan sejak awal.
Ketika bicara soal design, Anda akan terhubung dengan banyak hal. Mulai dari desain logo, packaging produk, website, hingga konten promosi. Desain yang dibuat secara konsisten memudahkan pelanggan untuk mengingat dan terasosiasi dengan brand Anda.
Pertanyaan berikutnya, bagaimana cara mendesain dengan konsisten? Konsisten dalam mendesain sebenarnya cukup sederhana. Anda bisa mempertimbangkan bagaimana memainkan style pada item-item seperti:
- Warna yang meliputi warna fokus serta warna sekunder
- Visual, meliputi pencitraan, foto, ikon, dan tombol
- Tipografi, meliputi ukuran, hierarki, dan penempatan posisi
Baca Juga: Definisi dan Peran Brand Promise dalam Kesuksesan Brand Anda
Cara Membuat Logo
Mengenai branding, design, logo, pembuatan logo tidak boleh sembarangan. Karena ini akan menjadi identitas perusahaan Anda untuk waktu yang tidak sebentar. Sebagian perusahaan raksasa mungkin membuat sejumlah perubahan pada logo mereka.
Namun perlu diingat, mengganti-ganti logo saat bisnis Anda baru berkembang bukanlah ide bagus. Untuk membuat logo yang baik, perhatikan hal-hal berikut:
1. Kenali Brand Anda
Pertama, Anda harus mengenali brand dengan dengan baik agar bisa menciptakan logo yang sesuai. Pahami visi dan misi brand dan sesuaikan dengan karakternya.
2. Gambarkan Identitas Perusahaan
Logo adalah representasi brand, karenanya jadikan ini untuk mendeskripsikan identitas perusahaan Anda. Kombinasi branding, design, logo yang sempurna akan mendorong pesan dan identitas merek Anda diingat pelanggan.
3. Tentukan Jenis Logo
Anda bisa mendeskripsikan merek dengan beragam jenis logo. Perusahaan-perusahaan besar menggunakan gambar, tulisan, atau kombinasi keduanya untuk logo mereka. Pilih mana yang paling sesuai berdasarkan identitas perusahaan.
4. Tentukan Warna dan Font yang Sesuai
Tahukah Anda, warna menyiratkan emosi tertentu yang dapat dirasakan audiens? Untuk itu, pilihlah warna paling sesuai berdasarkan identitas merek. Pemilihan font juga harus diperhatikan karena akan menjadi bagian dari personality brand.
5. Buat Desain Menarik
Terlepas dari makna pesan yang ingin disampaikan melalui branding, design, logo, pastikan desain Anda menarik. Logo yang unik akan membuat pelanggan lebih mudah mengingat brand Anda.
6. Buat Logo yang Simpel
Logo simpel dengan elemen warna, font, atau gambar yang minimalis cenderung lebih mudah dikenal dan diingat audiens. Ingat, sesuatu yang sederhana justru bisa berbicara lebih banyak.
7. Desainnya Aplikatif
Saat membuat logo, pertimbangkan apakah logo tersebut mudah diaplikasikan pada berbagai alat promosi. Saat menempatkan alat promosi di billboard, media sosial, brosur, bahkan alat promosi berukuran kecil, logo Anda harus tetap terlihat jelas.
Setelah mengetahui hubungan keterkaitan branding, design, logo dalam mencapai kesuksesan bisnis, Anda harus merencanakan strategi efektif melakukannya.
Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!