Memahami Apa Itu Campaign: Pengertian Hingga Strateginya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
Campaign

Campaign menjadi usaha yang wajib Anda kuasai bila ingin mengembangkan strategi marketing perusahaan. Campaign sendiri sangat penting bagi dunia marketing. Melalui campaign, Anda bisa mempromosikan produk atau layanan perusahaan lebih optimal.

Baik itu dari kanal seperti media sosial, televisi, hingga platform online seperti website. Mari pahami pentingnya campaign dalam marketing, jenis-jenis campaign, hingga strategi agar campaign efektif melalui informasi berikut ini!

Apa itu Campaign?

Apa-itu-Campaign-Dreambox

Untuk memudahkan Anda, pahami definisi campaign secara umum serta campaign dalam dunia marketing sebagai berikut:

1. Definisi Umum Campaign

Melansir dari Cambridge Dictionary, campaign secara umum adalah serangkaian kegiatan yang dirancang secara khusus untuk keperluan bisnis, politik, atau militer agar dapat memperoleh tujuan tertentu. 

2. Definisi Marketing Campaign

Adapun campaign dalam dunia marketing merupakan segala kegiatan strategis yang ditujukan sebagai promosi brand, bisnis, layanan, atau produk secara keseluruhan. 

Kegiatan tersebut dapat Anda lakukan melalui berbagai channel seperti platform digital, radio, dan juga televisi. Maksud dari melakukan marketing campaign di berbagai channel tidak lain agar hasil campaign lebih maksimal. 

Ketahui Campaign Marketing dan Manfaatnya untuk Brand dan Bisnis agar Anda lebih menguasainya.

Kenapa Campaign Itu Penting dalam Strategi Marketing?

Setelah mengetahui apa itu campaign marketing, Anda juga harus memahami mengapa campaign penting dalam menyusun strategi marketing. Ini tentu berhubungan erat dengan tujuan dari melakukan campaign itu sendiri, di antaranya:

1. Membangun Brand Awareness

Saat perusahaan Anda baru terjun sebagai perintis di pasar, maka perlu strategi untuk mengenalkan brand ke pasar. Singkatnya, Anda perlu brand awareness

Marketing campaign akan membantu Anda membangun brand awareness yang kuat. Tentu saja perlu strategi yang tepat agar campaign efektif serta efisien untuk dijalankan. 

Bila campaign berjalan lancar, maka brand perusahaan yang tidak dikenal sebelumnya akan mulai mendapatkan perhatian. Orang-orang mulai mengenal, mengetahui, serta mengingat nama perusahaan Anda. 

Begitu pula bagi perusahaan lama yang berencana merilis produk baru. Memahami apa itu campaign akan memudahkan produk baru cepat dikenal di pasaran. 

2. Mendatangkan Potential Buyer

Dalam marketing, terdapat istilah marketing funnel. Istilah tersebut merujuk pada bagaimana perjalanan individu hingga bisa menjadi pelanggan dari suatu brand. Umumnya, tahap marketing funnel mulai dari awareness lalu berubah menjadi consider

Individu tersebut akan mempertimbangkan berbagai faktor lebih dulu sampai akhirnya benar-benar melakukan pembelian atau menggunakan produknya. Gambaran tersebut dapat Anda sebut sebagai Leads. 

Setelah Leads, maka akan ada leads potential yang terjadi saat individu tersebut mengumpulkan banyak informasi tentang keuntungan dan keunggulan produk Anda. Semua hal ini dapat Anda lakukan lebih mudah dengan marketing campaign.

3. Meningkatkan Sales Perusahaan

Digital campaign adalah salah satu bentuk marketing campaign yang kini ramai digunakan. Melalui digital marketing campaign, Anda bisa menginformasikan tentang layanan, produk, hingga penawaran dan diskon dari brand ke target pelanggan.

Saat mereka sudah yakin akan produk yang Anda tawarkan, maka mereka akan mengonsumsi produk tersebut tanpa pikir panjang. Aktivitas pembelian yang pelanggan lakukan kemudian menjadi faktor yang meningkatkan sales perusahaan.

4. Mempertahankan Brand & Customer Loyalty

Sebuah marketing campaign seharusnya tidak berhenti hanya pada tahap sales saja. Anda bisa mengoptimalkan peran campaign untuk mempertahankan brand and customer loyalty

Ini mengingat perlu usaha yang cukup keras untuk mempertahankan pelanggan agar tetap loyal pada brand Anda. Namun, tantangan tersebut dapat Anda atasi dengan marketing campaign. Terutama bila campaign sukses mencapai target yang ditentukan.

Jadi, pikirkan prospek jangka panjang saat menyusun marketing campaign agar perusahaan dapat mempertahankan brand & customer loyalty.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki bisnis, marketing campaign sangat penting untuk membantu membangun brand awareness, mendatangkan potential buyer, dan meningkatkan sales. Selain itu, campaign yang efektif juga berperan dalam mempertahankan  brand & customer loyalty. Ketahui juga Pentingnya Branding Campaign untuk Bisnis Anda untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

Jenis-Jenis Campaign

Mengetahui jenis-jenis campaign di bawah ini akan membantu Anda lebih paham apa itu campaign dalam dunia marketing:

1. Search Engine Optimization (SEO)

Search-Engine-Optimization-SEO-Dreambox

Jenis pertama adalah SEO yang merupakan strategi marketing dalam bentuk optimasi website. Tujuan optimasi tersebut agar website bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian dan juga menempati peringkat pertama.

Anda bisa menerapkan SEO secara organik atau berbayar. Keduanya sama-sama butuh optimasi pada aspek seperti keyword hingga struktur website

Untuk SEO organik, Anda juga harus memerhatikan backlink. Sedangkan, SEO berbayar mengharuskan Anda bidding atau menggunakan budget lebih supaya mampu bersaing pada halaman pencarian. 

2. Google Ads

Google-Ads-Dreambox

Kedua ada Google Ads yang memungkinkan Anda menempatkan iklan pada ekosistem Google yang beragam. Misalnya, Youtube, Google Search, Gmail, serta berbagai aplikasi di Playstore. 

Google Ads umumnya termasuk digital campaign yang juga diandalkan oleh berbagai perusahaan. Ini mengingat kepopuleran Google sebagai platform mesin pencari terbesar di dunia. Ketahui Manfaat dan Jenis Digital Campaign untuk memastikan iklan Google Anda efektif.

3. Media Sosial

Social-Media-Dreambox

Selain Google, media sosial juga memiliki pengguna aktif per bulan yang tinggi. Tidak heran jika channel marketing satu ini menjadi platform powerful untuk merilis marketing campaign. Digital campaign adalah bentuk yang tepat untuk jenis satu ini. 

Sebut saja media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, hingga X yang aktif digunakan dalam keseharian masyarakat. Namun, pastikan campaign yang Anda jalankan unik dan khas agar menonjol dari kompetitor serta berkesan bagi audiens.

4. Product Marketing Campaign

Product-Marketing-Campaign-Dreambox

Untuk jenis ini, perusahaan menggunakannya saat memperkenalkan produk ke market. Langkah promosi dengan campaign ini termasuk langkah terpenting pada siklus kehidupan produk perusahaan. Sebab, bila campaign berhasil maka penjualan produk juga akan meningkat.

5. Public Relation Campaign

Public-Relation-Campaign-Dreambox

Campaign untuk public relation dilakukan untuk mengelola komunikasi demi menumbuhkan citra positif perusahaan di mata media serta masyarakat pada umumnya.

Jenis campaign ini akan mengirim siaran pers mengenai manfaat produk perusahaan. Termasuk bagaimana produknya menjadi solusi untuk permasalahan audiens.  

Strategi Membuat Campaign yang Efektif

Setelah paham apa itu campaign marketing, esensi, dan jenis-jenisnya, Anda bisa membuat campaign dengan efektif melalui strategi ini:

1. Menentukan Tujuan Campaign

Tidak hanya mengerti apa itu campaign, sebaiknya tetapkan tujuan agar Anda tidak salah dalam melangkahkan kaki ketika menjalankan campaign. Tahap ini krusial agar campaign lebih fokus dan punya batasan yang jelas. 

Selain itu, tentukan pula metrik yang akan menjadi standar kesuksesan campaign untuk memudahkan evaluasi campaign. Jangan lupakan tenggat waktu untuk campaign agar lebih efisien.

2. Menentukan Target Audience

Setelah memahami apa itu campaign dan menentukan tujuannya, sebaiknya tentukan juga siapa target audience Anda. Contohnya, pengguna smartphone adalah target audience jika perusahaan Anda menjual aksesoris ponsel. Target audience ini penting agar promosi produk tepat sasaran.

3. Merancang Pesan Utama

Sampaikan pesan utama pada audience potensial melalui campaign. Pesan ini penting agar audience paham apa yang menjadi prioritas perusahaan ketika merilis suatu produk atau layanan.

4. Memilih Media dan Kanal yang Tepat

Sesuaikan juga media serta kanal campaign dengan jenis produk Anda. Bila produk Anda menyasar anak muda, maka merilis campaign di media sosial jadi opsi yang tepat. Sedangkan, media offline seperti majalah dan koran lebih tepat untuk target audience orang tua.

Menguasai apa itu campaign secara teori memang penting, namun itu saja tidak cukup. Mari kolaborasi dengan Dreambox melalui Layanan Digital Marketing yang komprehensif untuk mengimplementasikannya dalam strategi marketing perusahaan. Hubungi kami untuk terhubung langsung dengan ahli marketing Dreambox!

More Insights

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms