Jenis-Jenis KOL Marketing dan Cara Memaksimalkannya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
KOL-Marketing

Saat ini, istilah KOL atau Key Opinion Leader semakin banyak digunakan dalam dunia marketing. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan KOL marketing ini?

Ikuti informasi selengkapnya di sini, mulai dari pengertian KOL, alasan mengapa banyak orang percaya pada hasil review KOL, berbagai jenis KOL, bisnis yang cocok untuk menggunakan KOL, cara memaksimalkan penggunaan KOL, dan panduan dalam memilih KOL yang tepat.

Pengertian KOL Marketing

KOL atau Key Opinion Leader, jika di dalam bahasa Indonesia, dapat diterjemahkan sebagai seorang kunci yang mempengaruhi opini.

Secara umum, KOL dapat diartikan sebagai seseorang yang memiliki pengaruh besar di dalam industri tertentu, sehingga opini mereka dapat diikuti banyak orang atau dapat memberikan pengaruh yang signifikan.

Mereka juga bisa membuat pengikutnya memiliki opini yang satu frekuensi dengan mereka, sehingga berbagai tujuan marketing bisa tercapai dengan memanfaatkan hal tersebut.

KOL marketing adalah salah satu strategi marketing yang belakangan ini cukup populer di berbagai kalangan bisnis. Strategi ini melibatkan proses kolaborasi antara sebuah bisnis atau brand tertentu, dengan seseorang yang memiliki pengaruh besar dalam bidang tersebut. Sosok tersebut umumnya dikagumi dan dihormati banyak orang.

KOL akan berperan sebagai brand ambassador atau duta merek, sehingga dia dapat secara optimal mempromosikan layanan atau produk tertentu.

Mengapa Orang Percaya dengan Hasil Review produk dari KOL?

Mengapa-Orang-Percaya-dengan-Hasil-Review-produk-dari-KOL-Dreambox

Jika dibandingkan selebriti secara umum dan endorsement, saat ini banyak orang yang lebih mempercayai KOL. Hal ini disebabkan berbagai alasan, antara lain:

  1. Adanya keterbukaan dan keaslian yang mereka tunjukkan. Biasanya, mereka akan memakai bahasa santai dan apa adanya, sehingga dapat terhubung lebih dekat dengan audiens.
  2. KOL pada umumnya memiliki relevansi dan niche yang tepat untuk bidang spesialis tertentu, misalnya kecantikan, fashion, makanan, dan sebagainya.
  3. Memiliki pengalaman langsung dan dapat melakukan berbagai demonstrasi produk dengan baik.
  4. Memiliki berbagai cara untuk melakukan interaksi dengan pengikut.
  5. Memiliki komunitas yang sangat loyal.

Jenis-Jenis KOL Marketing

Ada berbagai jenis KOL yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis dan berbagai strategi marketing Anda, yakni sebagai berikut:

1. Mega KOL

Pertama, ada mega KOL, yakni KOL yang memiliki jutaan pengikut. Biasanya, mereka berasal dari kalangan musisi, selebritis, dan atlet.

Keterangan yang tidak perlu diragukan lagi, opini mereka tentu akan menarik perhatian banyak orang dan dapat berpengaruh besar terhadap audiens.

Jangkauan pasar yang bisa Anda dapatkan juga sangat luas, bisa mencapai pasar internasional. Dengan adanya kerjasama ini, maka brand Anda akan lebih mudah untuk dikenal banyak orang, terlebih pengikut KOL tersebut.

Namun, ada beberapa kekurangan yang patut dipertimbangkan, misalnya interaksi yang rendah, sering kali hanya cocok untuk perusahan ternama, dan biaya yang dibutuhkan terbilang tinggi.

2. Macro KOL

Kedua, ada macro KOL yang memiliki pengikut di atas 500 ribu hingga jutaan. Biasanya, mereka telah memiliki nama yang terkenal di kalangan umum, sehingga dapat meningkatkan brand awareness secara optimal.

Masih serupa dengan jenis pertama, kekurangan dari KOL ini yakni biayanya yang masih tergolong tinggi, interaksi yang cenderung rendah, dan kurang cocok untuk bisnis kecil sampai menengah.

3. Micro KOL

KOL jenis ini memiliki pengikut antara 10 ribu sampai 100 ribu, sehingga biayanya akan lebih murah dibanding dua jenis sebelumnya dan tingkat interaksinya bisa lebih intensif. Namun, jangkauannya pun lebih terbatas. KOL ini cocok untuk jenis bisnis kecil hingga menengah.

4. Nano KOL

Jika ketiga jenis di atas dirasa kurang tepat, mungkin pilihan terbaik untuk bisnis Anda yakni nano KOL. Biasanya, mereka memiliki jumlah pengikut antara 1.000 hingga 10.000.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk KOL jenis ini, serta bisa meminta mereka untuk melakukan interaksi yang cukup intensif dengan audiens. Biasanya, target audiensnya akan lebih spesifik, sehingga cocok untuk target pasar yang juga spesifik.

Namun, jangkauannya cukup terbatas dan sebagian KOL masih kurang berpengalaman dalam melakukan promosi.

Bisnis Apa yang Cocok Menggunakan KOL Marketing?

Bisnis-Apa-yang-Cocok-Menggunakan-KOL-Marketing-Dreambox

Hampir setiap jenis bisnis cocok untuk menggunakan KOL. Hanya saja, pemilihan KOL tersebut harus sesuai dengan bidang bisnis yang dijalankan, karena hal tersebut yang akan berpengaruh besar terhadap penerimaan opini terkait marketing Anda.

Cara Memaksimalkan KOL Marketing

Supaya strategi KOL dapat berjalan secara optimal untuk marketing bisnis Anda, ada berbagai langkah yang bisa Anda lakukan, antara lain sebagai berikut.

1. Memanfaatkan Berbagai Platform

Saat ini, media sosial sudah sangat marak dengan berbagai jenis platformnya. Jika ingin memperluas jangkaun strategi KOL, maka sebaiknya Anda memanfaatkan berbagai platform yang diminati masyarakat.

Misalnya, Instagram, TikTok, Facebook, dan X. Dibanding hanya memakai satu jenis platform, akan lebih luas jangkauannya jika Anda memanfaatkan berbagai platform.

2. Melibatkan Audiens

Kedua, ada baiknya jika Anda mendorong KOL untuk melakukan berbagai interaksi secara langsung dengan audiens. Misalnya, melalui sesi siaran langsung, tanya jawab, atau pemberian hadiah untuk event tertentu.

Dengan adanya kebersamaan ini, maka rasa kedekatan dan saling percaya dapat lebih mudah untuk terjalin.

3. Menjalin Kemitraan Jangka Panjang

Jika hasil dari strategi marketing ini sesuai dengan target bisnis Anda, maka menjalin kemitraan jangka panjang bisa menjadi pilihan yang tepat. Hal ini bisa membuat koneksi antara KOL dan brand menjadi lebih kuat, termasuk di mata publik.

Memilih KOL yang Tepat

Memilih-KOL-yang-Tepat-Dreambox

Jika akan memakai strategi bisnis yang satu ini, maka sangat penting untuk memilih KOL yang tepat, berikut adalah dua tips pentingnya.

1. Kolaborasi yang Efektif

Pertama, Anda perlu melakukan kolaborasi dengan langkah yang efektif. Untuk memulai langkah ini, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda tidak salah dalam memilih figur yang tepat untuk menjadi KOL.

Saat ini, sudah banyak aktris, aktor, influencer, hingga berbagai sosok berpengaruh di berbagai bidang yang sudah aktif dalam kolaborasi KOL.

Agar kolaborasi dengan influencer lebih efektif, pelajari Cara Branding Melalui Influencer untuk memahami target audiens dan kredibilitas mereka.

Jadi, penting bagi Anda untuk mencari tahu lebih dalam tentang latar belakang mereka, pilihlah KOL yang memiliki latar belakang sejalan dengan brand Anda.

Misalnya, jika brand Anda menekankan kepada jenis produk yang ramah lingkungan, maka KOL yang memiliki ketertarikan lebih terhadap isu lingkungan adalah pilihan yang tepat. Sebaliknya, jika ada citra buruk darinya terkait isu lingkungan, maka sebaiknya Anda pertimbangkan lagi.

Selain itu, skill yang mumpuni juga dibutuhkan untuk berbagai jenis produk. Misalnya, jika Anda menawarkan produk otomotif, maka sebaiknya KOL yang dipilih juga paham tentang dunia otomotif dan dapat mengaplikasikan produk otomotif Anda dengan baik.

2. Monitoring dan Evaluasi

Selanjutnya, penting untuk melakukan monitoring dan evaluasi. Kinerja dari kampanye KOL perlu diamati secara berkala dengan alat analisis yang tepat. Misalnya, melihat rasio keterlibatan, penyebutan merek, dan konversinya.

Hal ini nantinya menjadi penting untuk menilai seberapa efektif hasil dari kolaborasi ini. Jika ada yang perlu dievaluasi dalam periode tertentu, maka lakukanlah hal tersebut supaya hasil kolaborasi akan lebih efektif untuk periode selanjutnya.

Itulah penjelasan tentang KOL dalam dunia marketing. Strategi pemasaran digital ini sangat efektif jika dimanfaatkan dengan baik. Ketahui juga pentingnya KOL Marketing untuk bisnis Anda agar dapat menjangkau dan memperluas target audiens secara signifikan.

Meski tampak mudah, namun mengoptimalkan KOL bisa jadi tantangan tersendiri bagi berbagai kalangan pebisnis. Maka dari itu, berbagai layanan digital marketing terkait KOL pun bisa Anda manfaatkan.

Salah satu rekomendasinya yakni layanan digital marketing dari Dreambox. Anda dapat mengoptimalkan strategi KOL marketing bersama tim profesional kami, segera hubungi kami untuk pertanyaan atau informasi lebih lanjut!

More Insights

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms