Jasa digital branding? Apa manfaatnya bagi perusahaan?
Menggunakan jasa digital branding untuk mempromosikan bisnis merupakan langkah awal yang tepat bagi para pemula. Anda bisa menemukan banyak cara branding di internet, tetapi dengan pengetahuan yang minim, belum tentu tujuan akhirnya didapatkan.
Sebagai solusi, bekerja sama dengan profesional akan memberikan banyak input positif terkait langkah awal pengenalan brand. Beradaptasi dengan dunia digital merupakan sebuah keharusan karena teknologi digital sudah sangat banyak digunakan oleh segala aspek.
Baca Juga: Branding Development Dapat Memperkuat Identitas Produk Anda
Apa Pentingnya Digital Branding bagi Perusahaan?
Tujuan utama adanya jasa digital branding adalah untuk membantu Anda terikat atau memiliki hubungan baik dengan pelanggan. Selain beradaptasi dengan zaman, digitalisasi juga penting agar bisnis yang dijalankan mampu bersaing dengan kompetitor di pasaran.
Peran penting pengenalan merek bukan hanya berhubungan dengan pelanggan, tetapi juga meliputi berbagai hal lainnya. Hal-hal bermanfaat tersebut diantaranya:
1. Interaksi Baik dengan Pelanggan
Pengenalan merek secara tepat kepada pelanggan membantu Anda sebagai pebisnis memiliki hubungan baik dengan mereka. Ketika sudah tercipta interaksi yang baik ini maka akan lebih mudah untuk Anda memasarkan produk maupun memberikan layanan lainnya.
2. Lebih Mudah Diingat
Sebuah proses pengenalan merek yang berhasil adalah merek yang memonopoli pemikiran orang banyak. Misal, pasta gigi disebut sebagai Odol, padahal Odol adalah merek dari pasta gigi.
Sekarang, produk Anda bisa memonopoli pemikiran pelanggan dengan adanya jasa digital branding. Berbagai contoh merek lainnya masih banyak dan kerap kita temui dalam kehidupan sehari-hari.
3. Menonjolkan Brand
Sisi menonjol ini tentunya secara otomatis bisa didapatkan ketika Anda berhasil memperkenalkan merek ke publik. Saat merek bisnis Anda sudah diketahui banyak orang dan menjadi acuan dalam berbelanja, maka dipastikan produk tersebut telah menonjol.
4. Memperluas Koneksi
Berkompetisi dengan para kompetitor memang tidak bisa dihindarkan dalam berbisnis. Namun, langkah berani mengajak kompetitor bekerja sama juga merupakan keputusan yang cukup menantang.
Ketika Anda mampu menemukan rekan dengan visi misi sama, maka peranan jasa digital branding akan semakin berpengaruh besar. Dua brand disatukan, maka semestinya lebih banyak ide kreatif terkait perkenalan merek dituangkan.
Peranan media sosial membuat berita jadi mudah sekali menyebar dalam hitungan detik. Ketika teknik branding berhasil dilakukan, maka secara otomatis akan lebih banyak orang mengetahui usaha Anda.
Semakin viral nama brandnya maka semakin besar peluang untuk mendapatkan keuntungan. Ini pentingnya pemanfaatan media sosial sebagai salah satu bentuk digitalisasi dalam dunia bisnis.
Baca Juga: 8 Alasan Branding Strategy Memberikan Keuntungan Jangka Panjang
Perbedaan Digital Branding dan Digital Marketing
Ada dua istilah berbeda yang kerap sulit dibedakan oleh orang awam, yakni digital marketing dan digital branding. Keduanya bisa menjadi tugas jasa digital branding, tetapi nantinya spesifikasi tanggung jawab yang dilakukan akan berbeda, meski mirip.
Intinya, marketing berfokus pada pemasaran produk, sementara branding lebih ke pemasaran merek. Agar lebih jelas, mari ikuti perbedaan tersebut dalam penjelasan berikut:
-
Fokus
Fokus utama dari pengenalan merek adalah membentuk citra sebuah merek itu sendiri. Sementara fokus utama dari marketing adalah terhadap bagaimana cara memasarkan produk maupun jasa yang Anda miliki.
-
Objektivitas
Terdapat dua sisi objektivitas yang digunakan dalam perkenalan merek, yakni mempertahankan interest pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Sementara untuk objektivitas marketing juga terdiri atas dua hal. Pertama untuk mendapatkan atensi pelanggan dan meningkatkan penjualan. Keberhasilan digital marketing dimulai dari peranan jasa digital branding terlebih dahulu.
-
Strategi
Strategi yang dilakukan untuk pengenalan merek sifatnya lebih permanen dan mesti dipikirkan secara matang sejak awal bisnis berdiri. Sementara strategi yang digunakan untuk marketing sifatnya lebih tentatif atau fleksibel.
Strategi marketing disesuaikan dengan keadaan karena kebutuhan dan kondisi pasar terkadang tidak bisa diprediksi panjang. Dibutuhkan tim yang inovatif dan peka terhadap kondisi pasar untuk membuat strategi marketing.
Baca Juga: Pentingnya Branding Campaign untuk Bisnis
Strategi Digital Branding Terbaik
Sebelum memikirkan bagaimana cara menjual produk maupun jasa di dunia digital, lebih dulu Anda harus memahami strategi tepat melakukan perkenalan merek secara online seperti apa. Kami merangkum berbagai strateginya melalui penjelasan berikut:
1. Menciptakan Logo
Hal pertama yang akan menjadi fokus tugas jasa digital branding adalah membuat dan memasarkan logo terlebih dahulu. Untuk pembuatan logo ini sebaiknya disematkan filosofi dari setiap unsur pembentuk logo utuh. Tujuannya agar tidak asal-asalan.
2. Brand Messaging
Brand messaging ini lebih kepada penyampaian seperti apa gambaran bisnis Anda ke publik. Beberapa poin penting dalam brand messaging adalah apa bisnis yang dikerjakan, apa bisnis yang diperjuangkan, kemudian kenapa bisnis tersebut menjadi begitu penting?
3. SEO
Search engine optimization atau disingkat menjadi SEO merupakan strategi berikutnya yang banyak membantu dalam mempublikasikan brand. Strategi ini lebih mengarah ke konten, yakni penerapan teknik dalam penulisan dengan balutan ide menarik dan kekinian.
4. Content Marketing
Konten marketing bentuknya bukan hanya tulisan, tetapi juga bisa berupa foto serta video. Media publikasinya bukan hanya situs, tetapi juga dapat memanfaatkan media sosial, Youtube, dimana pengelolaannya nanti oleh jasa digital branding profesional dan terbaik.
5. Media Sosial
Pengguna media sosial saat ini memanfaatkannya bukan hanya untuk berinteraksi biasa. Sudah tersedia banyak layanan untuk memasarkan produk, termasuk salah satunya menciptakan citra baik merek bisnis Anda melalui berbagai jenis postingan atau konten.
6. Marketing Email
Marketing email merupakan pesan yang dikirimkan dari tim pemasaran kepada pelanggan lama maupun baru. Penyajian pesan tersebut mesti menarik dan cenderung soft selling agar penerima tidak memasukkan kotak masuk ke bagian sampah.
7. Online Ads
Iklan online sudah bisa digunakan dalam berbagai jenis platform. Peranan jasa digital branding nantinya memasang iklan tersebut pada Google, media sosial seperti Instagram dan Facebook, dan sebagainya. Bisa juga sampai ke platform streaming video, Youtube.
8. Influencer Marketing
Terakhir, memanfaatkan peranan para influencer di berbagai media sosial juga tidak kalah membantu. Para selebgram dengan tarif endorse beragam bisa Anda jadikan pilihan untuk memperkenalkan citra brand bisnis, baik baru maupun bisnisnya sudah berjalan lama.
Baca Juga: Cara Kerja Digital Content Marketing untuk Pertumbuhan Bisnis
Tingkatkan Citra Perusahaan dengan Digital Branding
Sebelum kemunculan dan berkembangnya istilah pemasaran online, bisnis sebatas dijalankan secara konvensional saja. Tidak banyak orang tahu kenapa sebuah bisnis berdiri dan kenapa bisnis tersebut menjadi penting karena media publikasi masih terbatas.
Perkembangan teknologi sebenarnya menjadi dua mata pisau untuk para pebisnis. Pertama dapat meningkatkan citra bisnis seiring dengan pengaruh jasa digital branding terpercaya. Kedua, dapat menjadi boomerang ketika perusahaan tidak dapat menjaga nama baik.
Oleh sebab itu, setelah berbagai strategi yang sudah dijalankan seyogyanya dijaga dengan konsisten dari waktu ke waktu. Citra perusahaan yang sudah susah payah dibentuk sejak awal dapat dibuat semakin baik melalui berbagai konten di platform online.
Hal penting yang Anda butuhkan adalah peranan para profesional. Merekrut pekerja memang menjadi salah satu solusi, tetapi bekerja sama dengan jasa digital branding dengan profesionalitas dan jam terbangnya menjadi solusi lain dengan kualitas jauh lebih menjanjikan.
Ketahui lebih banyak tentang layanan branding, layanan digital marketing, layanan seo dan website yang Dreambox tawarkan. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu Klik di sini!